Pesulam Alis di Banten Disarankan Bergabung di PKSSI

0
835 views
Perkumpulan Komunitas Seni Sulam Indonesia (PKSSI)

SERANG – Memperkuat eksistensinya, para pesulam alis di Indonesia membuat komunitas bernama Perkumpulan Komunitas Seni Sulam Indonesia (PKSSI) yang diketuai Ali Tatto.

PKSSI beranggotakan perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia. Dari Provinsi Banten diwakili oleh Jane Razell (JRK BrowArt) dari Kota Tangerang dan Erica Anca (Browgsm Studio) dari Kota Serang.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKSSI Banten Erica Anca mengatakan, komunitas tersebut sebagai wadah pemersatu, ajang silaturahmi, yang menaungi dan mengayomi seluruh pekerja seni sulam yang ada di Indonesia.

“Di Indonesia sendiri seni, sulam sudah sejak lama ada, namun belum ada organiassi atau acuan bagi kami para pekerja seni sulam dalam melakukan usaha tersebut. Jadi masih berjalan masing-masing. Dengan adanya komunitas tersebut juga agar para pelaku bisnis ini lebih terarah, lebih berkualitas dalam usaha nya dan yang paling penting komunitas ini sudah di akui dan disahkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM,” katanya via WhatsApp, Rabu (8/2).

Perkumpulan Komunitas Seni Sulam Indonesia (PKSSI)

Ia melanjutkan, PKSSI juga bertujuan agar ada standarisasi range harga yang sama di semua bisnis sulam. “Setelah terbentuknya PKSSI , ketua dan para pengurus telah sepakat membuat peraturan standarisasi untuk bisnis sulam dengan range harga tertentu yang pasti serta harga yang layak. Tujuannya agar terjadi keseimbangan harga di pasaran. Sebelumnya banyak sekali terjadi ketimpangan yang justru menjatuhkan esensi dari seni sulam itu sendiri,” jelasnya.

Kendati demikian, ia berharap untuk semua pelaku usaha sulam di Provinsi Banten dapat bergabung dengan PKSSI agar ada kebersamaan dan mendapatkan keuntungan bersama.

“Oleh karena itu kami ditugaskan memberikan penyuluhan dan mengkoordinir bagi para pebisnis sulam agar usahanya legal. Serta agar usahanya lebih terarah dan memberikan kenyamanan kepada para customer-nya mengingat peminat dari seni sulam ini sangat banyak saat ini,” harapnya. (Wirda)