Petahana Lobi Tiga Parpol Besar

Bakal Calon Bupati Petahana Ratu Tatu Chasanah memberikan keterangan kepada wartawan didampingi tim penjaringan pilkada Partai Gerindra saat mengikuti penjaringan Partai Gerindra di Graha Mahesa, Jalan Serang-Pandeglang, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang Januari lalu.

SERANG – Bakal calon wakil bupati petahana Pandji Tirtayasa mengaku sudah melakukan komunikasi politik dengan tiga partai politik (parpol) besar untuk meminta dukungan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang. Ketiga parpol itu yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Insya Allah, mudah-mudahan Demokrat bantu kita, Gerindra juga dukung kita, dan harapan saya juga PKS,” ungkap Pandji saat ditemui wartawan di halaman Pemkab Serang, Senin (23/3). Sekadar diketahui, Pandji sudah mendapat rekomendasi untuk mendampingi bakal calon bupati petahana Ratu Tatu Chasanah dari dua parpol besar, yakni dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Golongan Karya (Golkar). Khusus Tatu, mendapat dukungan tambahan dari Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sudah memberikan rekomendasinya dari DPP kedua parpol tersebut. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar pekan lalu, pasangan petahanan itu diminta DPP Golkar segera membangun koalisi di daerah.

Pandji mengaku, pihaknya saat ini terus membangun komunikasi dengan seluruh parpol, termasuk Partai Gerindra, Demokrat, dan PKS. “Komunikasi terus berjalan,” ujarnya.

Disinggung soal keyakinan bakal didukung tiga parpol besar itu, Pandji berkelit. “Rahasia. Untuk deklarasinya nanti kita lihat setelah situasi corona reda. Insya Allah didukung banyak parpol,” kilahnya.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Provinsi Banten Azwar Anas yang dikonfirmasi soal pernyataan Pandji mengatakan, sah-sah saja petahana merasa yakin bakal didukung partainya. Namun, Azwar menegaskan, pihaknya sampai saat ini belum menyatakan pilihan. “Kita masih menunggu DPP, rekomendasinya keluar sekitar April-Mei,” tukasnya.

Diungkapkan Azwar, pihaknya sudah mengajukan dua bakal calon yang akan diusung Partai Demokrat sesuai hasil penyampaian visi-misi. Yakni, Ratu Tatu Chasanah dan Eki Baehaki. “Nanti DPP yang akan menentukan. Kalau kita hanya melakukan penjaringan saja,” kelitnya.

Senada disampaikan Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Serang Kiwan Nuryadi. Pihaknya masih menunggu keputusan DPP Gerindra. “Sampai sekarang kami belum menerima kabar akan mendukung siapa, masih menunggu keputusan dari DPP,” singkatnya. (jek/zai/ags)