Petugas Haji Diminta Utamakan Layani Calhaj Lansia

0
798 views
PETUGAS HAJI: Wakil Gubernur Andika Hazrumy melepas 197 petugas haji di Pendopo Gubernur, Curug, Kota Serang, Selasa (25/7). Andika meminta petugas haji ini agar melayani jamaah calon haji (calhaj) dengan baik. FOTO: BIRO HUMAS & PROTOKOL PEMPROV FOR RADAR BANTEN

SERANG – Petugas haji diminta untuk mengutamakan melayani jamaah calon haji (calhaj) lanjut usia (lansia). Itu karena calhaj lansia perlu bantuan ekstra.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Andika Hazrumy saat memberikan pembekalan kepada 197 petugas haji di Pendopo Gubernur, Curug, Kota Serang, Selasa (25/7). Petugas haji itu terdiri atas 73 orang tim pemandu haji daerah (TPHD) yang direkrut Pemprov Banten dan 124 orang berasal dari tim pemandu haji Indonesia (TPHI), tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI), dan tim kesehatan haji Indonesia (TKHI).

Andika mengatakan, petugas haji harus melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Apalagi, yang akan dilayani adalah para tamu Allah yang membutuhkan bantuan agar mereka dapat beribadah sebaik mungkin. “TPHD merupakan tugas yang mulia, tetapi memiliki tanggung jawab yang luar biasa. TPHD harus memberikan pelayanan haji agar dapat beribadah dengan baik dan nyaman,” ujar Andika.

Andika meminta kesiapan petugas haji yang sudah dibekali pengetahuan dan keterampilan memadai untuk memandu calhaj asal Banten. “Saya berharap para petugas haji dapat memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji asal Banten, baik dalam bimbingannya maupun kesehatannya,” katanya.

Andika juga meminta petugas haji untuk mendoakan keberlangsungan pemerintahan Provinsi Banten dan masyarakat Banten agar lebih maju dan sejahtera. “Saya memohon untuk dapat memanjatkan doa untuk Pak Gubernur dan saya, dan seluruh kepala OPD agar diberikan kekuatan, kesehatan, dan bimbingan yang baik dalam menjalankan amanah serta dapat memberikan pelayanan dan kontribusi kepada masyarakat Banten agar lebih sejahtera,” katanya.

“Saya ucapkan selamat bertugas dan jaga kesehatan. Semoga tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik dan insya Allah jamaah haji pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur,” tambah Andika.

Kepala Biro Kesra Pemprov Banten Irvan Santoso mengatakan, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan jamaah haji, pihaknya bekerja sama dengan Kanwil Kemenag berusaha berkontribusi terhadap peningkatan indeks kepuasan jamaah haji dengan meningkatkan kualitas dan kinerja petugas kelompok terbang (kloter). “Petugas haji ini hasil seleksi yang cukup ketat dan sudah diberikan bimtek (bimbingan teknis). Mudah-mudahan kinerjanya akan lebih baik dalam pelayanan jamaah haji asal Banten,” katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Bazari Syam mengatakan, calhaj asal Banten mencapai 9.420 orang. Mereka diberangkatkan dalam dua gelombang dengan jumlah kloter sebanyak 25. “Petugas haji harus memiliki komitmen, kompetensi, dan integritas terhadap kelancaran dan ketertiban jamaah dalam melaksanakan ibadah,” katanya. (Fauzan D/RBG)