Petugas Kebencanaan Belajar Identifikasi Korban Bencana

0
70

CILEGON – Puluhan petugas kesehatan dan stakeholder kebencanaan mengikuti pelatihan Disaster Victim Identification (DVI) yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Banten.

Pelatihan digelar pada Rabu (4/9) dan Kamis (5/9) di salah satu hotel di Kota Cilegon. Tidak hanya teori, para peserta dari Dinkes Kota Cilegon, Tagana, PMI, dan BPBD Kota Cilegon itu melakukan simulasi dan mempelajari cara mengidentifikasi korban bencana.

Kasubdit Dikpol Bidokkes Polda Banten AKBP Nahar menjelaskan, dalam simulasi para peserta seolah-olah sedang berada di lokasi bencana tsunami. Peserta yang dibagi ke dalam lima kelompok itu bertugas mencari korban.

“Setelah korban ditemukan, para peserta mengumpulkan korban ke satu titik, selanjutnya dievakuasi ke kamar jenazah rumah sakit untuk diidentifikasi,” ujar Nahar, Kamis (5/9).

Kepala Dinkes Kota Cilegon Arriadna menilai petugas kesehatan serta stakeholder kebencanaan perlu memahami cara menangani serta mengidentifikasi korban bencana alam, mengingat Kota Cilegon merupakan daerah yang berpotensi tertimpa bencana.

“Cilegon itu istilah saya supermarket bencana. Kami dekat Gunung Anak Krakatau, dekat dengan daerah patahan gempa, punya industri kimia yang banyak. Dengan potensi-potensi itu, memungkinkan bisa saja terjadi bencana kapan pun,” ujar Arriadna (Bayu Mulyana)