Kepala Rutan Serang Prihartati memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (15/2/2016).

SERANG – Penyelundupan narkoba jenis sabu kembali terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Serang. Kali ini sabu paket kecil diselundupkan dengan cara disimpan ke dalam pasta gigi.

Kepala Rutan Serang Prihartati mengungkapkan, kasus itu terjadi pada Sabtu (13/2/2016) sekitar pukul 14.00 WIB. Seorang warga binaan bernama Samlawi meminta petugas rutan, Abdullah, untuk mengambilkan barang titipan kepada Udin Gondrong, petugas parkir Rutan Serang. Sementara Udin Gondorong mendapatkan titipan dari dua orang tidak dikenal, yang mengendarai motor.

Merasa curiga, Abdullah kemudian berinisiatif membuka pasta gigi itu. Setelah dikeluarkan isinya, ternyata ada paket sabu berukuran kecil. “Pak Abdullah ini instingnya luar biasa. Dia sobek pasta giginya, ternyata ada satu paket yang diduga sabu,” kata Kepala Rutan Serang Prihartati kepada wartawan di Rutan Kelas IIB Serang, Senin (15/2/2016).

Pihak Rutan Serang menduga, pesanan tersebut dilakukan dengan menggunakan alat komunikasi antara penghuni rutan dengan pihak luar. “Itu sedang kita selidiki. Padahal kita selalu lakukan razia rutin empat kali sebulan,” ujar Prihartati.

Setelah mendapatkan barang haram tersebut, pihaknya langsung melaporkan kasusnya ke Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Serang. Barang bukti berupa satu paket kecil sabu dan dua unit telepon genggam itu diserahkan.

“Penanganannya terkait siapa pengantar sabu tersebut sudah ditangani pihak kepolisian. Informasinya masih dalam pengejaran. Yang jelas kita berkomitmen memberantas peredaran narkoba,” pungkasnya. (Wahyudin)