Petugas mengecek makanan dalam kemasan di salah satu toko.

SERANG – Petugas gabungan menarik makanan dan minumam dalam kemasan yang tidak layak konsumsi dari sejumlah toko di kawasan Royal dan Pasar Lama, Kota Serang, Selasa (7/6). Dinilai tak layak konsumsi karena sudah kedaluwarsa, tidak ada label kedaluwarsa, kemasan rusak dan penyok, dan ada kemasannya yang sudah terbuka.

Petugas gabungan dari Disperindakop Kota Serang, BPOM Banten, Dinkes Kota Serang, dan Dinas Ketahanan Pangan Banten, menyisir toko-toko di Pasar Lama dan Royal. Selain mengecek makanan, petugas juga memberikan edukasi pedagang, misalnya soal kebersihan toko dan produk yang dijual.

Iman Siwadi, Kasi perlindungan Konsumen Disperindakop Kota Serang mengatakan kegiatan ini dalam rangka upaya menekan barang makanan dan minuman yang tak layak konsumsi.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah dalam melindungi konsumen. Jadi ini penting sebagai tindakan pengawasan dan pembinaan terhadap para pedagang di toko-toko makanan dan minuman di pasar,” kata Kasi Perlindungan Konsumen Disperindagkop Kota Serang Iman Siwadi.

Aan Mulyawan, pedagang di Royal, mengaku barang dagangannya sering dikontrol kebersihannya. “Kami selalu mengontrol barang dagangan tapi kami ga tahu kalau ada barang yang kedaluwarsa. Saya kira kegiatan ini bagus untuk pembinaan buat kami juga,” ucapnya. (Ade F)