Pihak Kecamatan Tirtayasa Enggan Dapat Bendera Kuman Lagi

0
322 views

TIRTAYASA – Pemerintah Kecamatan Tirtayasa enggan menerima penghargaan berupa bendera kuman lagi. Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 menjadi pelajaran berharga bagi aparaturnya. Karenanya, pihak kecamatan ikut konsen mengawasi persiapan tiap RW menghadapi lomba yang sama di tahun kedua saat ini.

Kegiatan gotong royong warga dimulai oleh Pemerintah Desa Samparwadi. Warga RW 007, Kampung Mangga, Desa Samparwadi, membersihkan lingkungan dan melakukan pengecatan pagar dan tembok rumah warga. Rumput liar dan dahan pohon yang menghalangi jalan juga dipangkas.

”Warganya yang mulai bergerak di Desa Samparwadi. Pokoknya, kita enggak mau dapat bendera hitam (bendera kuman-red) lagi,” kata Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Tirtayasa Arifudin kepada Radar Banten, Minggu (17/10). Pihak kecamatan, lanjutnya, sudah menginstruksikan kepada seluruh desa di wilayahnya untuk mulai menata kampung.

Arifudin mengakui jika pihaknya kesulitan mengajak warga untuk melakukan penataan di masa pandemi Covid-19. Banyak desa yang masih fokus pada penanganan bantuan terdampak Covid. ”Makanya, penataannya agak telat,” ungkapnya.

Namun, ia tak mau menyerah pada keadaaan. Baginya, Covid-19 menjadi tantangan yang harus ditaklukan. Setiap pekan, ia mengaku rutin mengontrol warga sekaligus sosialisasi LKBA.

”Sekarang warga di RW 007 mau bikin kampungnya jadi berwarna,” katanya.

Kepala Desa Samparwadi Chartiyah optimistis, warga di wilayahnya bakal menunjukkan hasil maksimal pada LKBA tahun ini. Soalnya, warga sudah mendapat pelajaran dari lomba tahun lalu.

”Dulu enggak dapat nominasi karena penataannya enggak menyeluruh. Kalau sekarang, semua sudut kita bersihkan,” katanya.

Persyaratan administrasi kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan bakal dilengkapi. Para pemuda RW-rW di Desa Samparwadi juga bakal melengkapi alat keamanan di pos ronda.

”Kita yakin, tahun ini bakal meraih juara,” tandas Chartiyah yakin. (mg06/don)