Pilbup Lebak Diprediksi Calon Tunggal

0
7.363 views
BUKA BERSAMA: Bupati Iti Octavia Jayabaya menggelar buka bersama dengan anak yatim dan comunitas mobile di Musium Multatuli, Minggu (11/6). FOTO: DOK HUMAS SETDA LEBAK

RANGKASBITUNG – Kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Lebak 2018 diprediksi hanya akan diikuti oleh calon tunggal.

Soalnya, walaupun sejumlah nama telah menyatakan kesiapannya untuk maju, pasangan petahana Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi yang telah memiliki dua partai PDI Perjuangan dan Partai Demokrat, dipastikan akan memborong partai pemilik kursi di parlemen.

Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Agus Sutisna mengatakan, meskipun berpotensi calon tunggal, diharapkan satu dua orang yang menandingi. “Sejauh ini saya menilai belum ada satu pun calon bupati di luar petahana yang serius berniat maju di Pilbup Lebak. Kalaupun ada, itu hanya sebatas wacana,” ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Lebak, kemarin.

Menurutnya, petahana tidak akan mengalami kesulitan untuk kembali meminta dukungan dari partai pengusung pada pilbup sebelumnya. Sejauh ini komunikasi yang dijalin oleh petahana cukup baik. Indikasi hubungan petahana dengan partai politik cukup baik, yaitu tidak pernah terdengarnya pertentangan. “Pasangan Iti-Ade saya kira akan banyak menuai dukungan dari partai politik lain, sama pada saat Pilbup 2013 lalu,” katanya.

Sementara itu, Plt Ketua DPC Gerindra Kabupaten Lebak Oong Syahroni mengatakan, dalam menghadapi Pilbup Lebak 2018, partainya memiliki mekanisme tersendiri untuk menjaring atau menetapakan calon yang didukung. Gerindra nantinya akan membuat tim penjaringan, yaitu Badan Seleksi Organisasi (BSO). Lembaga itu bertugas menyeleksi bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang mendaftar. “Gerindra Lebak masih menunggu kepengurusan definitif karena yang sekarang sifatnya sementara,” katanya.

Lantaran belum adanya kepengurusan definitif, kata Oong, belum ada jalinan komunikasi Gerindra dengan partai lain terkait kesiapan Pilbup Lebak. “Belum ada komunikasi dengan partai lain atau pun calon yang akan maju di pilbup. Tapi, memang ada beberapa orang yang minta doanya akan maju,” ujar anggota DPRD Lebak ini.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC Demokrat Kabupaten Lebak Khoirul Umam mengaku, terus menjalin komunikasi dengan para pimpinan parpol. Demokrat akan kembali memajukan kader terbaik partai, yaitu Iti Octavia Jayabaya yang juga ketua Partai Demokrat. “Ya, kita dukung kader terbaik untuk maju kembali di Pilbup Lebak. Apalagi, empat tahun memimpin beliau sangat berhasil memajukan Lebak,” kata Umam. (Nurabidin Ence/RBG)