Pilgub 2017, Gerindra-PKS Dukung Figur Eksternal

PKS Gerindra

SERANG – Anggota Fraksi Gerindra DPRD Banten Ali Zamroni mengatakan, ada dua figur eksternal yang intens melakukan komunikasi dengan Gerindra. Dua figur itu ialah Wahidin Halim dan Andika Hazrumy. “Sebetulnya dengan RK (Rano Karno-red) juga ada komunikasi, tapi belum dalam. Sebatas say hello saja. Konstelasi ini kan berdasarkan survei. Hasilnya ada lima yang tertinggi, yakni RK, WH, Andika, JB (Mulyadi Jayabaya), dan lainnyalah. Maka kita lakukan komunikasi politik dengan lima itu, hasilnya kita laporkan ke DPP,” ujar Zamroni.

Menurut Ali, Gerindra ingin mengusung calon yang punya semangat besar membenahi Banten. Bersama dengan PKS yang sudah sejalan, Ali yakin segera mendapatkan pasangan calon yang pas untuk diusung.

“Waktu sudah sebentar lagi. Agustus harus keluar rekomendasi. Pertengahan Agustus sudah finallah. Karena September sudah pendaftaran,” tegasnya.

Ali malah mempertanyakan mengapa Rano Karno sebagai calon petahana, lama mendapatkan pendamping. “Ada pertanyaan besar di pribadi saya. Seorang incumbent (petahana) kok susah cari pendamping. Ada apa? Dengan ini Gerindra yakin yang diusung nanti bakal memenangkan Pilgub 2017,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPW PKS Miptahuddin memandang wajar jika Rano Karno sebagai petahana lebih dulu mendapat pasangan calon wagub. “Ya, kalau sudah dapat duluan wajarlah. Kalau lambat, justru dipertanyakan kemampuan lobi politiknya sepeti apa,” ujar Miptah, panggilan singkat Miptahuddin.

Miptah pun menegaskan bahwa PKS akan mengusung kader eksternal pada posisi calon gubernur. “Kans eksternal lebih besar dari internal untuk posisi calon gubernur. Tapi, kalau posisi wagub mah kita (internal PKS-red) masih bisa,” katanya. (Deni S/Radar Banten)