MERAK – Biar mudik lancar dan tidak terkena macet, warga banyak yang memilih mudik pada hari Lebaran. Muhammad Nurwandi, misalnya. Warga Kota Tangerang ini mudik ke Lampung pada hari Lebaran untuk menghindari macet.

“Tadinya saya dan keluarga mau nyeberang pas libur Lebaran (Sabtu, 2/7). Cuma setelah nyobrol dengan keluarga dan diputuskan mudiknya pas Lebaran setelah salat Id,” katanya di Pelabuhan Merak, Rabu (6/7).

Ia mengaku sudah bosan dan capek selalu terjebak kemacetan saat mudik sebelum Lebaran. “Mudik ini selalu kita lakukan tiap tahun, dan setiap mudik kita pasti kena macet. Makanya untuk tahun ini kami milihnya pas hari Lebaran,” ujarnya.

Di Pelabuhan Merak, Rabu (6/7), kondisi pelabuhan tidak seramai beberapa hari yang lalu. Tidak terjadi antrean di loket tiket. Kendaraan pun dengan leluasa masuk ke kapal.

Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo menjelaskan, arus mudik Lebaran 2016, lonjakan penumpang hanya dua hari pada Sabtu dan Minggu laliu “Sekarang penumpang sudah mulai mengalir dan kondisi pelabuhan sendiri sudah normal,” ujarnya. (Adib)