Pilkada Cilegon: PAN Enggan Remehkan Lawan

0
1.321 views
Bakal calon Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman (berdiri kiri) dan bakal calon Wakil Walikota Cilegon Awab (berdiri kanan) saat menyampaikan sambutan dalam rapat konsolidasi DPD PAN Kota Cilegon, Sabtu (18/9) malam.

CILEGON – Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar rapat konsolidasi internal dalam menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon pada, Sabtu (18/7) malam di salah satu restoran di Kota Cilegon.

Pada kesempatan itu, di depan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman dan Awab, serta perwakilan Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PAN menegaskan enggan meremehkan lawan politik Iye-Awab di Pilkada Kota Cilegon tahun ini.

Untuk itu, struktur, kader, simpatisan, serta tim pemenangan Iye-Awab diingatkan untuk tidak meremehkan tiga kandidat potensial yang bakal maju menyaingi Iye-Awab.

Ketua DPD PAN Kota Cilegon, Alawi Mahmud menuturkan, tiga pasangan yang berpotensi menjadi lawan Iye-Awab adalah pasangan petahana Ratu Ati Marliati-Sokhidin, Helldy Agustian- Sanuji Pentamarta, dan kandidat dari jalur perseorangan Ali Mujahidin-Lian Firman.

Salah satu indikator ketiga pasangan itu dianggap kuat adalah status petahana serta pengalaman dalam kontestasi Pilkada Kota Cilegon.

Diketahui, Helldy Agustian dan Ali Mujahidin pernah maju menjadi calon Walikota Cilegon di Pilkada Kota Cilegon tahun 2010 lalu.

“Lawan semua kita anggap kuat, ini semata-mata untuk memotivasi kami agar struktur partai bekerja dengan optimal demi memenangkan Pak Iye dan Pak Awab,” ujar Alawi kepada wartawan.

Selain dengan tidak menganggap remeh lawan, PAN pun bakal memaksimalkan konsolidasi di internal juga partai koalisi pengusung pasangan Iye-Awab.

Kendati Iye-Awab tak mempunyai pengalaman di pilkada, namun dianggap mempunyai pengalaman politik secara mumpuni mengingat Iye pernah menjabat sebagai kepala desa serta anggota legislatif di Kota Cilegon. Pengalaman itu bisa menjadi modal baik untuk mengalahkan lawan dengan didukung oleh sistem dan kesolidan tim pemenangan.

“Konsolidasi di internal dimaksimalkan, Insya Allah akan menghasilkan yang maksimal,” ujar Alawi.

Soal tak meremehkan lawan pun disinggung oleh dewan pengarah tim pemenangan Iye-Awab, Dede Rohana Putra. Kata Dede, selain petahana serta berpengalaman di Pilkada Kota Cilegon, tiga kandidat itu pun mempunyai kelebihan masing-masing yang patut diperhitungkan.

Ratu Ati Marliati misalnya. Selain petahana kekuatan politisi perempuan Partai Golkar itu adalah faktor keluarga yang telah memimpin Kota Cilegon selama 20 tahun.

“Dia punya basis jaringan keluarga, PNS, RT/RW, partai, termasuk logistik yang kuat karena selama 20 tahun memimpin Kota Cilegon, ini tidak bisa diremehkan,” papar Dede Rohana.

Kemudian, Ali Mujahidin, dianggap oleh legislator Provinsi Banten itu patut diperhitungkan karena berhasil meraih suara yang signifikan pada Pilkada Kota Cilegon 10 tahun lalu.

Hal itu diperkuat dengan sosok bakal calon Wakil Walikota Firman Mutakin alias Lian Firman yang berasal dari kalangan pesohor di Indonesia.

“Jadi popularitasnya tentu akan lebih tinggi dan ketika datang ke masyarakat disambutnya berbeda karena dia artis, ini peluang lawan yang luar biasa yang harus diantisipasi,” ujarnya.

Sedangkan Helldy Agustian, pengalaman maju melalui jalur perseorangan disokong oleh kehadiran bakal calon Wakil Walikota Cilegon dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yaitu Sanuji Pentamarta. Kehadiran sosok wakil dari PKS membuat kekuatan Helldy patut diperhitungkan karena PKS dianggapnya sebagai partai yang memiliki kader yang lebih solid dibandingkan sejumlah partai politik.

“Maka (Helldy-Sanuji) tidak bisa diremehkan, kita sebagai penantang baru tidak bisa memandang remeh kandidat lain,” kata Dede.

Menyadari hal itu, PAN dan partai koalisi harus merapatkan barisan, bahu membahu membangun tim-tim kecil yang terintegrasi sehingga menjadi tim yang besar.

“Tentu ada strategi lain yang akan dilakukan, tapi tidak bisa diungkapkan secara gamblang ke publik,” ujar Dede.

Diketahui, selain dihadiri bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman dan Awab, rapat konsolidasi itu pun dihadiri oleh Ketua PPP Kota Cilegon Sihabudin Syibli dan Ketua Partai Demokrat Kota Cilegon Rahmatullah. (bam/air)