SERANG – Sebanyak 26 pasal dihapus dalam revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi Banten Saeful Bahri menyatakan, penghapusan 26 pasal tersebut yang paling menonjol adalah soal dihapusnya tahapan uji publik dan ditetapkannya sistem pemilu satu putaran.

Selain itu, tiap calon yang mendaftar merupakan satu paket pasangan calon, tidak ada lagi istilah bakal calon karena pasangan yang mendaftar langsung menjadi calon dan sebagainya. “Jadi pasangan yang daftar tidak calon tunggal tapi sudah berpasangan. Uji publik dihapus tapi dilaksanakan di internal partai pengusung calon,” katanya, Senin (23/2/2015).

Ditambahkan Saeful, bahwa di Banten akan ada empat daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak pada Desember 2015. “Mengenai tanggal masih ada dua kemungkinan antara tanggal 2 atau tanggal 9 Desember 2015,” terang dia.

Terkait waktu pelaksanaan ini, kata Saeful, KPU RI akan menerbitkan surat edaran kepada pemerintah daerah dan KPU di kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada tahun ini. Di Banten sendiri ada empat wilayah kabupaten/kota yang akan melangsungkan Pilkada yakni Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Tangerang Selatan. (Wahyudin)