Pilkada Kabupaten Serang: PAN Merapat ke Petahana

0
1.556 views
Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto, bakal calon bupati Ratu Tatu Chasanah, dan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim melakukan pertemuan di kediaman Yandri di Ciceri, Kota Serang, Jumat (10/7).

SERANG – Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya merapat kepada pasangan bakal calon Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa pada Pilkada 2020 Kabupaten Serang. Wacana itu muncul setelah Tatu yang didampingi Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim mendatangi kediaman Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Ciceri Permai, Kota Serang, (10/7). Hasil pertemuan, Yandri menyatakan akan memberi dukungan kepada pasangan petahana tersebut.

Yandri mengatakan, pertemuannya dengan Tatu dalam rangka silaturahim sebagai sesama politikus, termasuk membicarakan mengenai Pilkada Kabupaten Serang. “Sudah ketemu dengan Bu Tatu. Proses berikutnya, ya masih ada tahapan. Saya harus lapor ke DPP. Namun, pada prinsipnya, ketua umum menyerahkan ke saya,” ungkap Yandri.

Melalui pertemuan itu, diakui Yandri, PAN kecenderungan mendukung Tatu-Pandji pada Pilkada sangat kuat. “Prinsipnya dari awal kan PAN ingin mengusung pasangan perubahan. Tapi, kan Pak Masrori (Ketua DPW PAN Banten) tidak dapat pendamping. Selain itu, dibandingkan dengan pasangan lain, yang masih bisa melakukan perubahan, ya Bu Tatu,” puji anggota DPR RI dapil Banten 2 (Serang-Cilegon) ini.

Sebelumnya, PAN dan Gerindra bersemangat mengusung calon di luar petahana atau calon alternatif. Namun, dalam perjalanannya, Gerindra malah mengusung pasangan Nasrul Ulum-Eki Baehaki dan mengabaikan Masrori sebagai kader PAN. “Pasangan alternatif itu (merujuk pasangan Nasrul-Eki-red) di luar harapan dan ekspektasi kami. Karena, untuk melakukan perubahan, perlu sosok yang punya kapasitas dan kapabilitas,” terang Yandri.

Soal rekomendasi untuk pasangan Tatu-Pandji, dipastikan Yandri, segera dikeluarkan oleh DPP PAN dalam waktu dekat ini. “Ya tunggu saja, nanti juga kami kabari,” tandas Yandri.

Sementara itu, Ratu Tatu Chasanah yang dikonfirmasi Radar Banten membenarkan soal pertemuannya dengan Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Diakui Tatu, pertemuannya dengan Yandri merupakan bentuk komunikasi politik kesekian kalinya. “Alhamdulillah, ibu  (menyebut dirinya-red) terus berupaya meminta dukungan dari PAN,” ucapnya.

Di akhir pertemuan, diungkapkan Tatu, Yandri menyampaikan akan bergabung dengan koalisi petahana. Yandri juga menyampaikan akan membantu Tatu optimal pada Pilkada. “Kalau ibu yang penting komitmen Pak Yandri dulu. Kalau soal SK (surat keputusan), kan perlu beberapa hari karena terkait DPP,” terangnya.

Senada disampaikan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Serang, Fahmi Hakim yang menyatakan, hasil pertemuan dengan Yandri Susanto bahwa PAN akan ikut bergabung dengan koalisi petahana pasangan Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa, meski PAN belum mengeluarkan surat rekomendasi. “Alhamdulillah, PAN bersama koalisi ibu Tatu,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten itu juga memastikan, hasil pertemuan dengan Yandri bahwa PAN akan bergabung dan mengusung satu paket pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tatu-Pandji. “Alhamdulillah sepaket. Untuk rekomendasinya hubungi Pak Yandri saja,” ujarnya.

Dengan bergabungnya PAN, kata Fahmi, maka kekuatan koalisi petahana semakin kuat. Sebelumnya, Tatu-Pandji sudah mendapatkan rekomendasi dari tujuh partai. Yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, PKS, Partai NasDem, PBB, Partai Hanura, dan Partai Berkarya. “Yang lainnya (merujuk kepada PAN, PPP, dan PKB-red) dalam waktu dekat, insya Allah menyusul. Kita terus lakukan komunikasi,” tandas mantan Ketua DPRD Kabupaten Serang periode 2009-2014 itu. (jek/zai)