Pilkada Kabupaten Serang: PAN Pastikan Dukung Petahana

0
2.027 views
Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto, bakal calon bupati Ratu Tatu Chasanah, dan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim melakukan pertemuan di kediaman Yandri di Ciceri, Kota Serang, Jumat (10/7).

Yandri Diusulkan jadi Ketua Tim Pemenangan

SERANG – Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan akan mendukung pasangan Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa pada Pilkada 2020 Kabupaten Serang. Tatu-Pandji tinggal menunggu surat keputusan (SK) resmi dari DPP PAN untuk memastikan dukungan tersebut.

Sekadar diketahui, tinggal PAN dari 12 parpol pemilik kursi di DPRD Kabupaten Serang yang belum menyatakan dukungan secara sah pada Pilkada. Tatu-Pandji saat ini sudah didukung sembilan parpol. Meliputi Partai Golkar, PDI Perjuangan, PKS, Partai NasDem, PBB, Partai Hanura, PKB, Partai Berkarya, dan PPP. Sementara lawannya pasangan Nasrul Ulum dan Eki Baehaki mengantongi dua parpol, yakni Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Ketua DPD PAN Kabupaten Serang, Jaenudin mengatakan, PAN sudah hampir final mendukung Tatu-Pandji pada Pilkada. Dukungan itu pun sebelumnya sudah disampaikan Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto. “Seperti yang kita ketahui, sempat viral beredar video dukungan Pak Yandri ke Bu Tatu, dan itu benar,” tegas Jaenudin yang ditemui Radar Banten di Kecamatan Anyar, Kamis (23/7).

Saat ini, dingkapkan Jaenudin, DPP PAN sedang memproses SK dukungan untuk pasangan Tatu-Pandji pada Pilkada 2020 Kabupaten Serang. Katanya, SK akan diberikan dalam waktu dekat ini. “Kita sedang menunggu informasinya (jadwal pemberian SK-red),” terangnya.

Dijelaskan Jaenudin, alasan PAN mendukung Tatu-Pandji, karena ingin menitipkan semangat perubahan yang lebih baik lagi. Menurutnya, Tatu-Pandji sudah baik memimpin pada periode pertama dan diyakini bisa melakukan perubahan lebih baik lagi. “Gerakan perubahan tetap kita gaungkan. Kita titipkan ke Bu Tatu dan Pak Pandji,” jelasnya.

Diakui Jaenudin, pihaknya sebelumnya mengusung Ketua DPW PAN Banten Masrori untuk maju pada Pilkada. Namun, seiring berjalannya waktu, situasi politik menunjukan Masrori belum mendapatkan koalisi untuk maju pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. “Ketika muncul dua calon, ya kita harus memilih salah satunya. Pak Masrori sudah sangat legowo terkait ini,” ujarnya.

Jaenudin juga memastikan, tidak ada sikap kekecewaan dari PAN kepada partai lainnya soal Masrori yang gagal maju pada Pilkada. Menurutnya, fakta politik harus diterima dengan bijak. “Saya yakin juga kader PAN semuanya solid. Tidak ada keraguan sedikit pun untuk mengikuti instruksi DPP,” tegasnya lagi.

Terkait Yandri yang diisukan bakal menjadi Ketua Tim Sukses Tatu-Pandji pada Pilkada, Jaenudin menyerahkan semuanya kepada Yandri. Ia meyakini, di posisi apapun Yandri akan bekerja keras pada Pilkada. “Kalau ternyata beliau ditunjuk kemudian bersedia, tentu kami akan sangat mendukung,” tandasnya.

Senada, Ketua DPD II Golkar Kabupaten Serang, Fahmi Hakim juga memastikan, PAN akan bergabung dengan koalisi petahana. Informasi yang diterima Fahmi dari Yandri Susanto, minggu ini SK untuk Tatu-Pandji diproses di DPP PAN. Berdasarkan hasil konsolidasi dengan partai koalisi, Yandri Susanto diusulkan menjadi ketua tim pemenangan Tatu-Pandji oleh beberapa ketua partai. “Pertimbangannya, karena beliau (Yandri-red) mempunyai kapasitas mumpuni, anggota DPR RI, dan ingin melakukan penguatan terhadap visi-misi Bu Tatu,” jelasnya. (jek/zai)