Pilkada Kota Cilegon: NasDem Buka Penjaringan

0
288 views

CILEGON – DPD Partai NasDem Kota Cilegon membuka penjaringan calon walikota dan wakil walikota Cilegon. NasDem memberikan tenggat waktu bagi para tokoh yang berminat mendapatkan dukungan dari NasDem untuk mengambil formulir mulai Selasa (1/10) hingga Senin (7/10) mendatang.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Cilegon Erick Rebiin menuturkan, usai pengambilan formulir, pihaknya memberikan tenggat waktu selama satu pekan kepada para bakal calon untuk mengembalikan formulir dan berkas persyaratan. Selanjutnya, tim akan melakukan verifikasi administrasi. “Untuk penyampaian visi-misi tidak dilakukan di Kota Cilegon, tapi di DPW, bareng dengan daerah-daerah lain,” ujar Erick kepada Radar Banten, Selasa (1/10).

Menurut Erick, pihaknya membuka lebar kesempatan pada pihak mana pun untuk mendapatkan dukungan dari Partai NasDem pada Pilkada 2020 mendatang. “Tidak memilah-milah siapa pun yang mempunyai minat silakan mendaftar sesuai prosedural yang ada di NasDem,” ujarnya.

Agar informasi penjaringan itu diketahui oleh parpol-parpol dan tokoh-tokoh potensial di Kota Cilegon, menurut Erick, pihaknya pun telah melakukan komunikasi dengan parpol-parpol dan tokoh-tokoh potensial.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai NasDem Kota Cilegon Ahmad Efendi menuturkan, penjaringan merupakan salah satu upaya mencari kandidat terbaik untuk diusung pada pilkada nanti.

NasDem secara internal memiliki dua kader NasDem yang layak diusung pada pilkada nanti. Keduanya yaitu Ketua DPD Partai NasDem Kota Cilegon Aliya Sabrawi dan Erick Rebiin. Menurutnya, meski NasDem mempunyai kader potensial, pihaknya membuka peluang besar pada pihak mana pun untuk berjuang pada pilkada. “NasDem hanya punya tiga kursi, artinya masih kurang lima, jadi butuh koalisi partai,” ujar Efendi.

Untuk mendapatkan kandidat terbaik, selain melalui penjaringan, pihaknya pun telah membangun komunikasi dengan berbagai parpol dan tokoh masyarakat yang telah bermunculan. Mulai dari Walikota Cilegon Edi Ariadi, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati, Kasat Intel Polres Cilegon Awab, Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Banten Helldy Agustian, Ketua PB Al-Khairiyah Ali Mujahidin, serta tokoh lain.

Tak hanya dengan dua cara itu, NasDem pun mengaku akan melakukan survei. “Untuk menyukseskan pilkada, kita ingin dapat calon terbaik, tidak hanya di tataran konsep saja, tapi juga mendapatkan dukungan dari masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, kesempatan penjaringan ini bisa dioptimalkan baik oleh kader maupun pihak-pihak lain untuk bisa maju pada kontestasi Pilkada 2020 mendatang. (bam/ibm/ags)