Pilkada Kota Serang 2018: Sepuluh Kandidat Eksternal Rebutkan NasDem

0
1.548 views
Bakal Calon Walikota Serang Vera Nurlaela Jaman mengembalikan formulir pendaftaran di DPD Partai Nasdem Kota Serang, Senin (24/7). FOTO: TIM VERA NURLAELA JAMAN

SERANG – Kemarin, pengembalian formulir pendaftaran bakal calon walikota Serang periode 2018-2023 pada Pilkada Kota Serang tahun depan di DPD Partai NasDem Kota Serang sudah ditutup. Dari 12 orang yang mengambil formulir, hanya sepuluh yang mengembalikannya.

Dari sepuluh bakal calon itu, tiga di antaranya adalah ASN Pemkot Serang, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Syafrudin, Kepala Sub Bagian Keagamaan Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Serang Lukman Hakim, dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang Wahyu Nurjamil.

Sedangkan tujuh kandidat lain yang memperebutkan rekomendasi partai yang memiliki slogan restorasi itu, yakni pengusaha Wahyudin Djahidi, Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin, Komisi Informasi Pusat Yhannu Setyawan, Wakil Ketua DPRD Banten Nuraeni, pengusaha Agus Irawan, Ketua KONI Kabupaten Serang Eki Baehaki, dan kandidat dari Partai Golkar Vera Nurlaela Jaman.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Serang Roni Alfanto mengatakan, selain itu, ada juga kandidat lain yang mengembalikan formulir di DPW Partai NasDem Banten. “Namun, nanti keputusannya ada di DPP. DPP juga akan melakukan survei untuk mencari yang popularitas dan elektabilitasnya tinggi,” ujar Roni di sekretariat DPD Partai NasDem Kota Serang, Senin (24/7).

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kandidat untuk terus menyosialisasikan diri dan turun langsung ke masyarakat. Dengan begitu, saat survei diturunkan, nilai kandidat tersebut dapat bagus.

Selain eksternal, partai besutan Surya Paloh itu juga membuka penjaringan bagi kader internal. “Besok (hari ini-red) baru kami tutup untuk internal. Hanya saja, ada tiga orang yang mengambil formulir,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Serang itu.

Kemarin, bakal calon walikota Serang Vera Nurlaela diantar pengurus DPD Partai Golkar Kota Serang mengembalikan formulir ke NasDem. Vera mengatakan, perjuangannya mendampingi Walikota Serang Tb Haerul Jaman selama sepuluh tahun menjadi bekal dan motivasi untuk berbuat banyak bagi masyarakat.

Untuk itu, ia mengajak NasDem bersama-sama menjadikan Kota Serang lebih baik dan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera. “Kami akan membuat komitmen jelas. Partai pengusung tidak hanya sampai pemenangan saja, tapi juga akan sangat dibutuhkan kerja samanya dalam membangun Kota Serang,” tutur perempuan yang mempunyai slogan Kota Serang Cantik itu. Kata Vera, program yang sudah berjalan di Pemkot Serang saat ini akan dilanjutkannya untuk hasil yang maksimal.

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSP Kota Serang Wahyu Nurjamil yang menjadi penutup pengembalian formulir di NasDem mengaku, kejayaan Kota Serang di zaman dahulu harus dikembalikan. Untuk itu, apabila ia diusung menjadi calon walikota atau wakil walikota, dengan potensi yang ada dan kemudahan teknologi saat ini, akan memajukan Kota Serang.

“Saya tidak bilang pemimpin yang sekarang tidak berhasil karena setiap pemimpin punya keberhasilannya masing-masing,” ujar Wahyu.

Ia sendiri juga mengaku sudah meminta izin ke orang nomor satu di Kota Serang. Bahkan niatnya untuk maju juga mendapat dukungan Jaman. Untuk itu, ia menjadi bersemangat untuk meramaikan bursa pilkada ini.

Wahyu pun siap untuk melepaskan jabatannya di Pemkot apabila mendapatkan kepercayaan dari partai politik. “Setiap pilihan tentu ada risikonya. Secara pribadi saya tidak khawatir kehilangan jabatan karena kesuksesan itu dapat dinilai dari kontribusi yang bisa saya berikan untuk Kota Serang,” tuturnya.

Namun, adik Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Deden Apriandhi itu mengaku baru mengikuti penjaringan di NasDem. Namun, komunikasi dengan partai lain akan tetap dilakukan sebagai bagian dari ikhtiar. (Rostinah/RBG)