Pilkada Kota Serang 2018: Yhannu ke NasDem, Ranta Incar Hanura

0
1.354 views
KEMBALIKAN FORMULIR: Yhannu Setiawan menyerahkan formulir pengembalian kepada pengurus DPD Partai NasDem Kota Serang.

SERANG – Setelah mendaftar penjaringan di PAN dan Demokrat, komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Yhannu Setyawan melakukan pendaftaran di DPD NasDem.

Yhannu datang didampingi relawan yang mengatasnamakan diri Sobat YS untuk mengambil formulir di NasDem. Ia mengaku, mendaftarkan diri ke NasDem sebagai bentuk keseriusannya mengikuti kontestasi di Pilkada Kota Serang.

Selain itu, motivasinya maju karena tidak lepas dari dorongan kekuatan masyarakat sipil di ibukota Provinsi Banten. “Kepercayaan ini harus dijawab dan kita bisa wujudkan itu dengan cita-cita kesadaran untuk tumbuh bersama,” katanya usai mengambil formulir di DPC NasDem Kota Serang, Jumat (14/7).

Kata dia, masyarakat Kota Serang adalah masyarakat yang cerdas. Potensi tersebut harus diberdayakan sebagai modal membangun pemerintahan yang kuat. “Saya yakin kalau masyarakatnya terberdaya, akan melahirkan pemerintahan yang kuat, pemerintahan yang smart atau smart government,” ujar mantan penjabat dekan Universitas Mathlaul Anwar ini.

Menurutnya, smart government akan melahirkan smart community yang pada akhirnya membuat masyarakat yang cerdas dan tercerdaskan. “Ini akan menjadi pilar untuk melahirkan smart city, kota yang cerdas, kota yang membahagiakan warganya,” kata Yhannu.

Koordinator Sobat YS, Awan Anhara mengatakan, Kota Serang butuh kepemimpinan alternatif. Karenanya, ia bersama mantan pimpinan-pimpinan organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan bergabung untuk mendorong Yhannu. “Selain berlatar belakang akademisi, Pak Yhannu punya trek yang baik,” katanya.

Tidak hanya di dunia akademis, dipercayanya sebagai komisioner KI Pusat membuatnya punya relasi yang baik dan fokus terhadap isu transparansi informasi. Terlebih, lembaga tersebut dekat dengan kelompok kekuatan sipil dan elite partai politik.

Kata Awan, pengalamannya mengawal isu keterbukaan tentu sejalan dengan cita-cita untuk melahirkan pemerintahan yang bersih dan transparan. “Pak Yhannu sebagai pakar hukum tata negara sekaligus komisioner KI, sangat concern dan menguasai itu,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Sekda Banten Ranta Suharta mengembalikan formulir pendaftaran di DPC Hanura Kota Serang. Didampingi tim suksesnya, birokrat senior di Pemprov Banten ini datang sekira pukul 14.15 WIB. “Saya sudah bertekad untuk maju di pilwalkot 2018, belajar dari pengalaman dari birokrat saya yakin mampu bisa membenahi Kota Serang lebih baik lagi,” ujar Ranta usai proses seremonial pengembalian formulir.

Meski belum pernah mencicipi panggung kontestasi pilkada, Ranta optimistis, dapat melakukan hal yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Jabatan saya sudah mentok seorang birokrat, pengalaman juga di birokrat sudah cukup. Maka dari itu, saya ingin ilmu saya bermanfaat untuk warga banyak terutama warga Kota Serang,” katanya.

Selain mendaftar di Hanura, Ranta sudah melakukan pendaftaran di Partai Demokrat. Bahkan, PKS dan NasDem juga akan disambanginya. “Partai Hanura saya sudah yakin, Demokrat juga, PKS, NasDem, saya optimistis bisa diterima ngelamar,” katanya.

“Tiga partai yang saya yakin bakal memberikan rekomendasi, Partai Hanura tiga kursi, PKS tiga kursi dan Nasdem empat kursi. Jadi, sudah cukup karena sepuluh kursi. Sementara, persyaratannya kan sembilan kursi. Tapi, kita mau bangun kebersamaan,” sambung Ranta.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Partai Hanura Kota Serang Supriyadi menyambut baik langkah Ranta mengembalikan berkas formulir penjaringan. Kata dia, Partai Hanura Kota Serang akan menunggu arahan dari pengurus pusat untuk kandidat yang direkomendasikan maju.

Namun, Supriyadi menilai bahwa Ranta punya pengalaman dalam birokrasi. “Tadinya sempat ragu kalau Pak Ranta tidak ngembaliin berkas, tapi akhirnya daftar juga,” tuturnya. (Supriyono/RBG)