Pilkada Lebak 2018: Demokrat Ajak PKB Dukung Iti

0
1.217 views
Ilustrasi

RANGKASBITUNG – Bakal calon (balon) bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengembalikan berkas pencalonan kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pengembalian berkas pencalonan dilakukan pengurus DPC Partai Demokrat dan diterima langsung Ketua Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati DPC PKB Lebak Mohamad Husen.

Pengurus DPC Partai Demokrat Lebak Ari Pramudia menyatakan, pengurus DPC Partai Demokrat mewakili balon Bupati Iti Octavia Jayabaya mengembalikan berkas pencalonan kepada PKB Lebak. Dengan harapan, PKB ikut mendukung balon Bupati petahana dalam Pilkada Lebak 2018 bersama Partai Demokrat, Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan partai lainnya. “Iya, kita tadi kembalikan berkas pencalonan kepada PKB Lebak,” kata Ari Pramudia kepada Radar Banten, kemarin.

Menurut Ari, balon bupati Iti Octavia Jayabaya sebelumnya telah mendaftar di PDI Perjuangan, Partai Hanura, dan sekarang di PKB. Tiga partai besar di Lebak telah mendeklarasikan diri mendukung petahana, yakni Partai Golkar, PPP, dan Partai Demokrat. Untuk itu, Ari dan pengurus partai berlambang mercy tersebut yakin, balon bupati jagoannya melenggang mulus menuju kursi Lebak 1 pada 2018 yang akan datang.

“Kami optimistis mendapatkan dukungan dari partai politik di Lebak,” jelasnya.

Ketua Panitia Desk Pilkada DPC PKB Lebak Mohamad Husen dan Sekretaris Panitia Desk Pilkada Ahmad Yani enggan memberikan komentar terkait penjaringan balon bupati dan wakil bupati di partainya. Dia meminta wartawan untuk menghubungi Ketua DPC PKB Efu Saefullah. “Silakan kepada Pak Ketua DPC PKB saja,” paparnya.

Ketua DPC PKB Lebak Efu Saefullah mengatakan, PKB telah membuka pendaftaran balon bupati dan wakil bupati pada 20 Juni-5 Juli 2017. Dua orang tokoh Lebak yang akan maju di Pilkada 2018 mendaftar di PKB, yakni Iti Octavia Jayabaya dan balon wakil bupati Ade Sumardi. Keduanya telah mengembalikan berkas pendaftaran pada hari terakhir, yakni 13 Juli 2017.

“Setelah ini, kami akan melakukan rapat pleno menetapkan balon bupati dan wakil bupati untuk direkomendasikan kepada DPP PKB di Jakarta,” tandasnya.

Rencananya, DPC PKB Lebak akan menggelar rapat pleno pada Minggu (16/7). Selanjutnya, rekomendasi DPC PKB Lebak akan menjadi bahan bagi DPP untuk melakukan fit and proper test terhadap balon bupati Lebak lima tahun yang akan datang. “Keputusan mengusung siapa di Pilkada Lebak ditentukan DPP PKB,” katanya. (Mastur-Nurabidin U/RBG)