Pilkada Lebak 2018: Iti-Ade Berjaya

Versi Real Count JB Center dan KPU Lebak

LEBAK – Calon bupati dan wakil bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi (IDE) menang melawan kolom kosong pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 versi real count Jayabaya Center (JB Center) dan KPU Lebak. Tim pemenangan bersama pasangan calon dan partai pengusung langsung memanjatkan syukur atas kemenangan tersebut.

Informasi yang dihimpun Radar Banten di JB Center, pasangan IDE memperoleh 75,94 persen atau 481.985 suara sah, sedangkan kolom kosong meraih 24,04 persen atau 135.057 suara. Suara tidak sah sebanyak 17.635 suara dan total suara yang menyampaikan hak pilihnya sebanyak 634.677 suara. Sementara itu, data sementara di KPU Lebak pasangan IDE meraih 442.746 suara, sedangkan kolom kosong meraih 98.068 suara, dan suara sah sebanyak 540.814 suara.

Calon bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mencoblos di TPS 2 Desa Prabugantungan, Kecamatan Cileles. Bupati perempuan pertama di Lebak itu mendatangi TPS didampingi suami Farid Darmawan dan sejumlah kerabatnya. Hasil penghitungan suara di TPS 2 Prabugantungan, pasangan IDE meraih 377 suara, sedangkan kolom kosong tidak meraih suara, dan tidak sah sebanyak 12 suara.

Calon wakil bupati Lebak Ade Sumardi dan keluarga besarnya mencoblos di TPS 1 di Kampung Guradog, Desa Guradog, Kecamatan Curugbitung. Di TPS tersebut pasangan IDE meraih 572 suara, sedangkan kolom kosong tidak meraih suara, dan suara tidak sah kosong.

Di TPS 2 di Kampung Gunung, Desa Warunggunung, Kecamatan Warunggunung, mantan bupati Lebak Mulyadi Jayabaya mencoblos bersama istri dan anak-anaknya. Di TPS tersebut, pasangan IDE meraih 346 suara, sedangkan kolom kosong meraih suara 107 suara, dan tidak sah sebanyak lima suara.

Calon bupati Iti Octavia Jayabaya menyatakan, kemenangan yang diraih pasangan IDE merupakan hasil kerja keras dari tim pemenangan, relawan, dan partai politik pendukung. Selama ini, tim telah bekerja maksimal untuk menyosialisasikan pasangan IDE. Untuk itu, dia bersyukur kembali dipercaya masyarakat untuk memimpin Lebak.

“Ini merupakan kemenangan bagi masyarakat Lebak karena pilkada berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” kata Iti Octavia Jayabaya di JB Center di Kecamatan Warunggunung, kemarin.

Ketua DPD Partai Demokrat Banten itu menyampaikan apresiasi kepada tim pemenangan dan parpol pendukung yang telah bekerja siang malam untuk memenangkan pasangan IDE. Ke depan, dia akan berupaya maksimal untuk bekerja lebih baik lagi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Lebak.

Untuk itu, setelah resmi diumumkan KPU Lebak, Iti dan Ade mengajak kepada masyarakat yang mendukung dan tidak mendukungnya untuk bersatu. Perbedaan pilihan politik pada pilkada harus dihilangkan. Saatnya masyarakat Lebak bersatu padu untuk melakukan akselerasi pembangunan. Tanpa dukungan masyarakat, mustahil pembangunan dapat berjalan dengan baik dan memuaskan. “Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara pemilu dan aparatur pemerintah yang telah bahu membahu menyukseskan Pilkada Lebak,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, calon wakil bupati Lebak terpilih Ade Sumardi menegaskan, kemenangan pasangan Iti-Ade merupakan kemenangan rakyat Lebak. Untuk itu, dia mengajak kepada semua elemen masyarakat di daerah untuk kembali bersatu dan mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Saya tegaskan, ini kemenangan masyarakat Lebak yang telah mendukung pilkada berjalan aman, lancar, dan kondusif,” ungkap lelaki yang menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak itu .

Menanggapi hasil real count versi JB Center, Panglima Barisan Juang Kolom Kosong (Baju Koko) Ahmad Hakiki Hakim mengaku, bersyukur penyelenggaraan Pilkada Lebak berjalan aman dan lancar. Dari data yang dihimpun, pasangan IDE sementara unggul dengan perolehan 75 persen dan kolom kosong sebesar 25 persen. Namun demikian, itu masih data sementara dan Baju Koko akan mengawal sampai ada penetapan keputusan resmi dari KPU Lebak.

Ketua KPU Lebak Ahmad Saparudin menyatakan, secara umum penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara berjalan aman dan lancar. Walaupun, di TPS 2 Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, terjadi selisih antara pemilih yang datang dengan jumlah surat suara yang terpakai. Pemilih yang terdaftar sebanyak 262, tapi setelah dihitung surat suara yang digunakan sebanyak 264 lembar dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) tidak bisa menjelaskan selisih tersebut. “Masalah tersebut kini ditangani Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Kemungkinan besar, dilaksanakan pemilihan suara ulang (PSU-red) di TPS tersebut,” ungkapnya.

Dari hasil rekapitulasi sementara hingga pukul 21.30 WIB, pasangan IDE diprediksi akan menjadi pemenang dalam Pilkada Lebak 2018. “Data sementara, pasangan IDE menang,” ujarnya. (Mastur/RBG)