Pilkada Tangerang, Mayoritas Parpol Condong Dukung Zaki

0
81
A Zaki Iskandar

TANGERANG – Dominasi petahana Bupati Tangerang A Zaki Iskandar dalam Pilkada 2018 mendatang sepertinya tak terbantahkan. Buktinya, mayoritas partai politik (parpol) hingga kini masih belum berani memunculkan figur lain selain petahana.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi mengatakan, hingga saat ini partainya belum membahas kemungkinan nama lain selain Zaki. Baik di tingkat provinsi maupun pusat, Zaki dianggap sebagai figur kuat yang kemungkinan akan diusung partai dalam pilkada mendatang.

”Demokrat cenderung ke Zaki,” kata Dedi Sutardi, Selasa (19/9). Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang ini mengaku, nama Zaki sudah diusulkan ke DPP Demokrat.

Saat ini, DPP Demokrat sedang membahas rekomendasi untuk bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung.

”Sedang digodok di DPP, mungkin (rekomendasi-red) nanti keluarnya berbarengan dengan daerah (yang menggelar pilkada-red) lainnya,” tambahnya.

Ia pun memprediksi, akhir bulan ini surat keputusan (SK) rekomendasi dari DPP sudah terbit. ”Kita sudah minta secepatnya, mudah-mudahan akhir bulan sudah keluar,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Tangerang Juned Sanim memastikan, partainya saat ini tengah menggodok nama-nama yang mengikuti penjaringan di tingkat DPC. Sejauh ini, nama Zaki masih yang terkuat.

”Kami sudah sejak awal mendukung Pak Zaki, karena pertimbangannya prestasinya selama memimpin periode kemarin. Selain itu, kami dan Pak Zaki memiliki kesamaan visi,” katanya.

Meski demikian, Juned juga berharap pada akhirnya nanti Zaki mau melirik kader muda yang diusulkan PKB untuk dijadikan pendamping dalam pilkada mendatang yakni aktor tampan Tommy Kurniawan.

Terlebih, PKB memiliki 6 kursi di DPRD Kabupaten Tangerang yang mungkin bisa menjadi pertimbangan petahana dalam menentukan wakil. ”Kalau kriteria wakil yang diinginkan Pak Zaki kan masih muda. Nah, saya rasa Tommy masuk dalam kriteria itu,” paparnya.

Meski demikian, ia belum bisa memastikan kapan rekomendasi partainya keluar. ”Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini. Paling lambat Oktober sudah dikirim SK rekomendasi untuk Kabupaten Tangerang (balon bupati-red),” imbuhnya.

Senada diungkapkan, Ketua DPD PAN Kabupaten Tangerang Agus Kurnia. Agus bahkan menyampaikan soal kemungkinan besar partainya akan mengusung Zaki pada kontestasi pilkada mendatang.

”Tinggal menunggu SK saja, kalau sampai ini yang diusulkan sebagai calon bupati kan cuma satu nama, yaitu Pak Zaki. Sedangkan untuk calon wakil ada dua nama, Pak Sekda Iskandar Mirsyad dan Sri Panggung Lestari,” ujar Agus.

Disinggung soal munculnya nama Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Madromli yang mendaftar melalui DPW PAN Banten? Agus menyerahkan sepenuhnya ke pengurus DPW.

”Karena Haji Ombi (Madromli-red) daftarnya di DPW, ya jadi itu kewenangan DPW. Kalau yang kami ajukan ya cuma tiga nama itu,” tukasnya. Lebih jauh, Agus memperkirakan SK rekomendasi akan keluar akhir bulan ini. ”Kita menunggu dari DPP, mudah-mudahan bulan ini juga keluar,” tandasnya.

Sekretaris DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Tangerang Asnawi Arsyad memastikan, partainya sudah bulat mendukung pencalonan Zaki sebagai balon bupati pada pilkada mendatang. ”Sudah 90 persen, kita tinggal menunggu rekomendasi DPP. Mudah-mudahan awal Oktober sudah keluar,” tandasnya. (HENDRA/RBG)