Pilkades Desa Labuan, DPT Lelaki Meningkat

0
161 views

SERANG – Daftar pemilih tetap (DPT) berjenis kelamin lelaki di Desa Labuan, Kecamatan Mancak, lebih banyak daripada DPT berjenis kelamin perempuan. Dari total DPT sejumlah 3.586 jiwa, terdiri dari 1.836 lelaki dan sisanya sebanyak 1.750 perempuan.

Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Labuan Uzer Ali mengatakan, pihaknya sudah melakukan penetapan tiga nama calon kades Labuan. “Di sini DPT-nya lebih banyak lelaki ketimbang perempuan,” kata Ali kepada Radar Banten, Selasa (22/10).

Dijelaskan Ali, banyaknya DPT berjenis kelamin lelaki menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaksanaan pilkades di Desa Labuan. Soalnya, stigma masyarakat tentang perempuan yang selalu mendominasi ternyata tidak terbukti pada pilkades di Desa Labuan. “Kan menarik, soalnya di sini pemudanya banyak, sedangkan perempuan paling sisa ibu-ibu,” akunya.

Kata Ali, 3.586 DPT itu akan memilih tiga calon kades pada pencoblosan serentak 3 November nanti. Ketiga calon kades, yakni calon kades nomor urut satu Ida Laila, calon kades nomor urut dua Iwan, dan calon kades nomor urut tiga Jeje Rusmana. “Semua calon merupakan putra dan putri daerah,” katanya.

Sekarang, panitia Pilkades Labuan sedang melakukan penyusunan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Selain itu, pihaknya juga sedang persiapan penyampaian visi dan misi para calon kades. “Pelaksanaannya tiga hari, 28 hingga 30 Oktober,” katanya.

Warga Desa Labuan Wahyu berharap, pelaksanaan pilkades di wilayahnya berjalan lancar tanpa hambatan sampai pelantikan kades terpilih. “Semoga kades yang terpilih bisa amanah dan bisa membangun desa jadi lebih baik,” harapnya. (mg06/zee/ira)