Pimpinan Dewan Dapat Mobil Mewah

0
1.116 views

SERANG – Empat pimpinan DPRD Kabupaten Serang segera menerima fasilitas kendaraan dinas (randis) mewah. Sesuai informasi dari Sekretariat DPRD Kabupaten Serang, randis pimpinan DPRD periode 2019-2024 diusulkan kendaraan jenis Mitsubishi Pajero untuk ketua dan Toyota Fortuner untuk wakil ketua.

Sejak dilantik pada 30 September 2019, empat pimpinan DPRD Kabupaten Serang masih menggunakan randis bekas pimpinan DPRD sebelumnya. Yakni, mobil berjenis Mitsubishi Pajero yang digunakan ketua dan jenis Honda CRV oleh wakil ketua. Kabarnya, Sekretariat DPRD Kabupaten Serang sudah mengajukan pengadaan randis untuk empat pimpinan DPRD tersebut kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sejak 2019.

“Iya (Pajero dan Fortuner-red), sesuai pengadaan,” sebut Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat DPRD Kabupaten Serang Babay Karnawi saat disinggung soal kebenaran kabar bahwa pimpinan DPRD bakal mendapat fasilitas dua mobil mewah tersebut melalui sambungan telepon seluler, Rabu (19/2).

Alasan pengajuan dua mobil mewah tersebut, kata Babay, disesuaikan dengan kondisi geografis wilayah Kabupaten Serang yang jauh, selain banyak wilayah yang kondisi jalannya terjal. “Kalau kendaraannya seperti itu (Pajero dan Fortuner-red) kan lebih nyaman digunakan pimpinan,” kilahnya.

Babay mengaku, tidak mengetahui siapa yang mengusulkan dua jenis mobil mewah untuk pimpinan DPRD tersebut. “Saya baru bertugas di sekretariat DPRD per Januari 2020. Itu sudah ada di anggarannya, saya baru di DPRD,” kelitnya.

Menurutnya, keempat pimpinan DPRD pantas mendapatkan fasilitas randis tersebut. Ia juga memastikan, usulan pengadaan randis sudah sesuai aturan. Yakni, randis Ketua DPRD kapasitas 2.500 cc dan wakil ketua 2.300 cc. “Yang namanya pimpinan DPRD kan selevel juga dengan kepala daerah,” tukasnya.

Babay berharap, fasilitas untuk empat pimpinan DPRD segera diwujudkan oleh BPKAD. Ia juga mengaku, sudah sering berkomunikasi dengan BPKAD terkait usulan tersebut. “Kita juga kan setiap hari dipanggil mulu (oleh pimpinan DPRD-red),” tandas mantan Kabag Umum Rumah Sakit Umum daerah dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) tersebut.

Senada disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perlengkapan dan Rumah Tangga Sekretariat DPRD Kabupaten Serang Herdi. Katanya, pengadaan empat randis untuk pimpinan DPRD masih menunggu pengadaan dari BPKAD. Pihaknya juga mengaku, sempat ingin mengusulkan randis untuk sejumlah kepala bagian (kabag) di sekretariat DPRD. “Sempat mau ngusulin, tapi enggak jadi. Kita kan lihat anggaran juga terbatas,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPKAD Kabupaten Serang Fairu Zabadi menegaskan, pihaknya tidak bisa terburu-buru melakukan pengadaan randis untuk empat pimpinan DPRD karena masih menunggu nomor identifikasi kendaraan (NIK) 2020.

“Kalau kita pakai NIK 2019 kan terbatas. Mudah -mudahan sekitar Juli nanti sudah ada NIK 2020,” harapnya.

Fairu menambahkan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp2,2 miliar untuk pengadaan empat randis pimpinan Wakil Rakyat tersebut. Yakni, sebesar Rp700 juta untuk randis ketua dan Rp500 juta untuk masing-masing randis tiga wakil ketua. “Kita sesuai ketentuan saja, untuk ketua 2.500 cc, wakil ketua 2.300 cc,” pungkasnya. (jek/zai/ira)