Pimpinan DPRD Kabupaten Serang Bakal Dapat Mobil Baru

SERANG – Empat pimpinan DPRD Kabupaten Serang bakal mempunyai fasilitas mobil baru. Pemkab Serang bakal membeli kendaraan dinas itu pada Juli 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Serang Fairu Zabadi kepada wartawan di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (18/2).

Sekadar diketahui, empat pimpinan dewan itu saat ini masih menggunakan kendaraan dinas bekas pimpinan dewan sebelumnya. Yakni, mobil jenis Mitsubishi Pajero yang digunakan Ketua DPRD, dan jenis Honda CRV yang digunakan tiga wakil ketua DPRD.

Fairu mengatakan, pihaknya masih memproses pengadaan empat kendaraan dinas tersebut. Namun, ia tidak menyebutkan mobil jenis apa yang akan dibeli. “Sesuai dengan aturan saja, ketua itu 2.500 cc, untuk wakil ketua 2.300 cc,” katanya.

Ia mengatakan, pagu anggaran yang disiapkan untuk empat mobil dinas pimpinan wakil rakyat itu sebesar Rp2,2 miliar. Untuk ketua DPRD disiapkan Rp700 juta, dan untuk tiga wakil ketua DPRD masing-masing disiapkan Rp500 juta. “Insya Allah nanti pelaksanaannya di bulan Juli,” ujarnya.

Setelah pengadaan kendaraan dinas yang baru, empat kendaraan dinas sebelumnya akan diserahkan kepada Pemkab Serang di bagian Aset. Kemudian, Pemkab akan melelang empat kendaraan dinas tersebut. “Kalau untuk pengadaan kendaraan dinas di OPD belum ada, karena anggaran kita defisit,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, pihaknya menyerahkan kebijakan tersebut kepada Pemkab Serang. Menurutnya, kendaraan dinas yang saat ini memang masih layak jalan akan tetapi harus diperhatikan keamanannya. “Namanya mobil sudah lima tahun yah, jadi safety-nya harus diperhatikan juga,” katanya.

Menurutnya, kendaraan dinas bekas pimpinan Dewan sebelumnya itu seharusnya sudah diserahkan kepada Pemkab Serang. Kemudian, jika Pemkab Serang tidak mengadakan kendaraan dinas yang baru, boleh saja asalkan ada kompensasinya. “Kalau tidak beli mobil dinas baru ya tidak masalah, asalkan pimpinan Dewan juga diberikan tunjangan (transportasi-red) seperti anggota,” ujarnya. (Rozak)