Pimpinan DPRD Kota Serang Dikuasai Ketua Parpol

SERANG – Unsur pimpinan DPRD Kota Serang resmi diumumkan dan ditetapkan melalui paripurna di gedung DPRD Kota Serang, Senin (9/9). Dari empat nama pimpinan, semuanya dijabat ketua-ketua partai politik (parpol) peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019.

Untuk Ketua Dewan diusulkan dijabat Budi Rustandi (Ketua DPC Gerindra Kota Serang). Kemudian, Wakil Ketua Dewan diusulkan dijabat Ratu Ria Maryana (Ketua DPD Golkar Kota Serang), Roni Alfanto (Ketua DPD NasDem Kota Serang) dan Hasan Basri (Ketua DPD PKS Kota Serang).

Gerindra berhak duduk sebagai Ketua DPRD Kota Serang setelah berhasil menjadi pemenang Pemilu 2019 di Kota Serang dengan meraih tujuh kursi. Partai besutan Prabowo Subianto ini mengungguli Golkar yang sama-sama mendapat tujuh kursi. Golkar hanya meraih total sebanyak 52.252 suara sedangkan Gerindra mendapat 61.125 suara.

Sebagai runner up, Golkar mendapat hak duduk di kursi wakil ketua I. Sedangkan NasDem yang mendapat enam kursi berhak sebagai wakil ketua II dan PKS yang meraih lima kursi atau berada di urutan keempat, berhak atas wakil ketua III.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Serang Moch Ma’mun Chudori menjelaskan, nama-nama pimpinan yang diusulkan akan diserahkan kepada Gubernur Banten melalui Walikota Serang. “Nanti gubernur keluarkan SK (Surat Keputusan-red), diresmikan dan dilantik oleh pengadilan negeri lagi,” katanya.

Meski belum di-SK-an Gubernur, lanjut Ma’mun, tidak akan ada perubahan. “Prosesnya bisa dua mingguan, tapi kita ingin lebih cepat agar semuanya bisa segera bekerja,” ujarnya.

Setelah pimpinan selesai, selanjutnya akan dibentuk alat kelengkapan dewan (AKD) lain. Mulai dari badan musyawarah (Banmus), komisi, badan pembentukan peraturan paerah (bapemperda), badan anggaran (banggar) dan badan kehormatan (BK).

Sebelumnya, unsur fraksi lebih dahulu dibahas. Semuanya ada enam fraksi utuh terdiri dari Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PAN, dan Demokrat. Lalu fraksi gabungan Kebangkitan Pembangunan (PPP dan PKB). “Satu lagi namanya tetap Fraksi PDI Perjuangan, tapi di dalamnya masuk Hanura dan Berkarya,” ungkap Ma’mun.      

Ketua sementara DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengatakan, empat pimpinan Dewan akan diusulkan ke Gubernur Banten melalui Walikota. “Hari ini (kemarin-red) sudah diparipurnakan untuk diusulkan kepada Gubernur melalui Walikota untuk SK definitif,” katanya.

Sesuai dengan tugas pimpinan sementara, ucap Budi, akan dilakukan paripurna panitia khusus tata tertib Dewan. “Karena pimpinan sementara fungsinya untuk pembentukan AKD. Sambil nunggu SK Gubernur turun, kita siapkan tata tertib,” katanya. (ken/air/ags)