Pimpinan DPRD Pandeglang Definitif Ditetapkan Jumat

PANDEGLANG – Sekretariat DPRD Pandeglang akhirnya bakal menetapkan pimpinan DPRD Pandeglang periode 2019-2024. Pelantikan dan pengambilan sumpah pucuk pimpinan di lembaga tersebut rencana bakal dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Pandeglang pada Jumat (13/9) pukul 13.00 WIB.

Kepastian agenda tersebut karena telah diberikannya surat rekomendasi nama calon pimpinan DPRD dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar dan Partai Demokrat untuk pimpinan DPRD definitif kepada pihak sekretariat DPRD Pandeglang.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Sub Bagian (Kasubag) Rapat dan Risalah Sekretariat DPRD Pandeglang Endang Sutisna mengakui akan segera dilakukan pelantikan dan penetapan unsur pimpinan DPRD tersebut.

“Iya sudah ada rekomendasi untuk pimpinan DPRD dari empat partai politik, tadi (kemarin-red) pagi kita terima rekomendasinya. Sekarang tinggal kita persiapkan semuanya agar proses pelantikan berjalan lancar,” katanya kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Rabu (11/9).

Menurut Endang, rencananya untuk calon ketua DPRD Pandeglang bakal dijabat oleh Tb Udi Juhdi dari Partai Gerindra, posisi Wakil Ketua I bakal diisi Gunawan dari Partai Golkar, Wakil Ketua II bakal dijabat Asep Rafiudin Arief dari Partai Keadilan Sejahtera, dan Wakil Ketua III bakal dijabat Fuhaira dari Partai Demokrat.

“Kita sudah terima surat rekomendasi dari DPP terkait nama yang direkomendasikan menjadi pimpinan DPRD Pandeglang itu. Semuanya sudah lengkap,” katanya.

Sekretaris DPRD Pandeglang Entis Sutisna mengatakan, setelah dilakukan pengambilan sumpah jabatan terhadap pimpinan DPRD Pandeglang, pihaknya akan segera menyampaikan kepada Gubernur Banten Wahidin Halim agar bisa segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK).

Tujuannya, kata dia, agar proses pembahasan perubahan anggaran bisa segera dilaksanakan dan diselesaikan sebelum tanggal 31 September. “Target kerja kita yang pertama adalah menyelesaikan pembahasan anggaran perubahan, kalau sampai tidak terbahas bisa mengganggu program kerja di semua instansi pemerintahan di Pandeglang,” katanya.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua DPRD Pandeglang sementara Tb Udi Juhdi memastikan proses pelantikan pimpinan DPRD bisa segera dilakukan karena semua tahapan dan persyaratan sudah terpenuhi, dan sudah diputuskan dalam rapat terbatas antara pimpinan sementara.

“Kita sudah melakukan rapat pimpinan dan memutuskan bahwa pelantikan pimpinan DPRD akan dilakukan Jumat (13/9) atau lusa. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, sehingga kami pun bisa langsung bekerja,” katanya.

Udi menerangkan, selain melakukan pelantikan terhadap pimpinan DPRD Pandeglang periode 2019-2024, pihaknya juga akan menetapkan alat kelengkapan dewan (AKD) mulai dari ketua dan anggota masing-masing fraksi, ketua komisi, dan lainnya.

“Bukan hanya pimpinan, AKD juga ditetapkan hari itu. Sebetulnya untuk AKD bisa dilakukan sebelum penetapan pimpinan definitif, akan tetapi untuk menghemat waktu maka kita lakukan bersamaan,” katanya.

Udi berjanji akan segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai wakil rakyat dan lembaga pengawas pemerintahan, agar arah pembangunan dan kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Pandeglang sejalah dengan keinginan masyarakat.

“Sebetulnya DPRD dan Pemkab Pandeglang adalah mitra kerja yang sama-sama mengutamakan masyarakat. Maka dari itu, hubungan harmonis yang selama ini terjalin jangan sampai terganggu karena bisa berdampak terhadap masyarakat,” katanya. (dib/zis)