Pintu Masuk Pulau Jawa, Foker-C Pulomerak Pantau Warga Pendatang

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melantik pengurus Forum Komunikasi RT/RW Cilegon (Foker-C) wilayah Kecamatan Pulomerak, Selasa (1/11/2016). Ketua Foker-C, Saefudin mengatakan Kecamatan Pulomerak sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dari Pulau Sumatera memiliki peranan penting utamanya dalam pengawasan terhadap warga pendatang.

“Pulomerak ini merupakan gerbang pertama dalam kedatangan warga dari Sumatera khususnya, sehingga para pendatang pun perlu didata, agar hal-hal yang tidak diinginkan, tidak terjadi di Kecamatan Pulomerak,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan RT/RW merupakan poros pertama pemerintah dalam melakukan pelayanan yang bersih dan baik kepada masyarakat. Ia mengaku akan terus memantau peran RT/RW dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami sebagai poros pertama dalam pelayanan di bidang administrasi dan sebagainya, perlu memberikan pelayanan terbaik dan bersih kepada masyarakat, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cilegon, Sahruji mengatakan akan mendukung kepengurusan Foker-C dengan membentuk badan usaha atau Koperasi. Hal itu sebagai bentuk perhatiannya guna mendukung penambahan penghasilan para RT/RW.

“Kita memikirkan untuk membentuk Koperasi bagi RT/RW, agar mereka dapat meningkatkan penghasilan dan pendapatan mereka, apabila penghasilan mereka sudah baik, kami yakin tidak akan ada pungutan liar di kalangan RT/RW,” tuturnya. (Riko)