Politeknik PIS Serang Lakukan Study Visit Ke UPTD Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Banten

0
1592
Wakil Direktur Politeknik Piksi Input Serang, Ajat Sudrajat (kanan) saat menyerahkan beasiswa Peduli Banten - YPIS Banten secara simbolis kepada Kepala UPTD Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Banten, Tasrif.

SERANG – Sebanyak 34 Mahasiswa Politeknik Piksi Input Serang (PIS) Program Studi (Prodi) D3 Sekretari semester dua melakukan study visit ke UPTD Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Banten, Kamis (17/6). Kegiatan study visit ini dipimpin langsung Wakil Direktur Politeknik Piksi Input Serang, Ajat Sudrajat didampingi KUP Prodi Sekretari Siti Sofiyah, dan dosen-dosen Politeknik PIS. Sementara itu, selaku pembimbing kegiatan dilakukan langsung kepala UPTD Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Banten, Tasrif.
Wakil Direktur Politeknik PIS Ajat Sudrajat mengatakan, tujuan diadakan study visit atau studi lapangan adalah agar mahasiswa mempunyai gambaran tentang proses pengujian sertifikasi barang ataupun produk yang akan dipasarkan, “Study visit ini juga merupakan model pembelajaran yang diterapkan di kampus Politeknik PIS sebagai tindaklanjut program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar,” katanya.
Sementara itu, terkait proses pengujian sertifikasi barang, Kepala UPTD Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Banten Tasrif menjelaskan, dimulai dari tahap kalibrasi industri yang menggunakan alat-alat produksi untuk membandingkan ala-alat yang akan dipasarkan sampai dengan pengujian sertifikasi mutu dengan jenis yang berbeda-beda. “Pengujian ini mulai dari basis kimia, mikrobiologi sampai dengan organoleptik hingga akhirnya barang tersebut siap edar di pasaran. Pengawasan barang, pengujian dan sertifikasi mutu barang penting dilakukan karena sangat dibutuhkan baik bagi konsumen maupun para pelaku industri,” jelasnya.(Rajudin)