Pisah Sambut Dandim 0603/Lebak Berlangsung Haru

0
1.342 views
Bupati Iti Octavia Jayabaya memberikan cenderamata kepada Letkol Czi Ubaidillah dalam acara pisah sambut Dandim 0603/Lebak di Pendopo Pemkab Lebak, Selasa (10/1) malam.

RANGKASBITUNG – Pisah sambut Komandan Distrik Militer (Dandim) 0603/Lebak yang difasilitasi Pemkab Lebak di Pendopo Pemkab Lebak, Selasa (10/1) malam, dari Letkol Czi Ubaidillah ke Letkol Arh Syafa Susanto, berlangsung haru. Suasana akrab terlihat selama acara tersebut berlangsung. Hadir Bupati Iti Octavia Jayabaya, Sekda Pemkab Lebak Dede Jaelani, Kajari Lebak Rini Hartati, Kapolres Lebak AKBP Mohamad Tora, para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), camat, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Diketahui, Letkol Arh Syafa Susanto sebelumnya menjabat Kasiter di Korem 064/Maulana Yusuf, sementara Letkol Czi Ubaidillah menjadi anggota di Kodam III Siliwangi. Dalam sambutannya, Ubaidillah bercerita, selama menjabat selalu berusaha untuk bisa menyesuaikan diri dengan kultur dan budaya masyarakat Lebak. Ia mengaku, selalu komitmen mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Lebak, khususnya dalam bidang pertanian.

Allhamdulillah, selama di sini (Lebak-red), saya dapat berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat. Sehingga saya dapat meninggalkan Lebak dengan penuh kebanggaan,” ujarnya, kemarin.

Terkait masalah yang menimpanya, Ubaidillah mengatakan, tetap berpikir positif dan selalu istiqamah, karena niatnya hanya untuk membangun bangsa. “Sebagai prajurit saya harus siap ditempatkan di mana saja. Terpenting berguna bagi bangsa dan negara. Khusus Lebak, sudah saya anggap sebagai rumah kedua saya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Iti Octavia Jayabaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ubaidillah. Katanya, peran TNI sangat besar, terutama dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Lebak. Selama ini, anggota TNI melakukan pendampingan terhadap petani, hingga rela turun langsung ke sawah dan membersihkan irigasi. “Berkat kerja sama yang baik antara Pemkab dengan TNI, Lebak dinobatkan sebagai daerah lumbung padi nasional,” kata mantan anggota Komisi IV DPR RI ini.

Menurut Iti, sinergisme yang terbangun selama ini sudah sangat baik. Ada banyak hal positif yang dihasilkan. Seperti bertukar pikiran khususnya dalam menghadapi persoalan daerah. Selain di bidang pertanian, lanjut Iti, Kodim 0603/Lebak juga berkontribusi besar dalam menjaga iklim kondusif di Lebak. “Pak Dandim (Ubaidillah-red) telah turut menyukseskan program-program Pemkab Lebak. Di antaranya, berhasil menambah areal sawah baru serta membatasi alih fungsi lahan. Tidak hanya itu, dia juga berhasil melindungi lahan-lahan produktif bagi sektor pertanian,” tandas Iti.

Sedangkan, Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa Susanto mengatakan, siap bersinergi dengan Pemkab dan masyarakat, sehingga tercipta iklim kondusif. Selain itu, akan mendukung semua program pembangunan, khususnya di bidang pertanian. Apalagi, lanjutnya, pemerintah pusat sedang menggalakkan program swasembada pangan. “Sinergi perlu dilakukan, saya bersama Pemkab Lebak siap membantu mewujudkan program swasembada pangan, sehingga Lebak menjadi lumbung padi nasional,” katanya. (Nurabidin Ence/Radar Banten)