PKB Banten Perkuat Jaringan ke Desa

SERANG – Jelang pilkada serentak 2020, DPW PKB Banten fokus memperluas jaringan hingga ke 1.551 desa yang ada di Banten. Itu dilakukan untuk memperkuat peran partai menuju Pemilu 2024. Hal itu terungkap dalam kegiatan workshop penguatan caleg PKB dan perluasan jaringan partai yang digelar di salah satu hotel di Kota Serang, Sabtu (11/1).

Menurut Ketua DPW PKB Banten Ahmad Fauzi, raihan Pemilu 2019 menempatkan PKB masuk lima besar peraih suara terbanyak tingkat nasional, dengan perolehan suara mencapai 13,5 juta atau 9,69 persen dari total pemilih. Perolehan itu mengalami kenaikan dari perolehan suara 2014 yang mencapai sebanyak 11,2 juta. “Kenaikan ini buah dari konsolidasi sistematis dari struktur partai di setiap wilayah di Tanah Air. Ini memotivasi kami di Banten untuk memperkuat jaringan partai hingga ke tingkat anak cabang atau desa,” kata Fauzi seusai workshop.

Untuk tingkat Banten, lanjut Fauzi, perolehan suara pada Pemilu 2019 juga mengalami peningkatan, hanya saja tidak masuk lima besar. “PKB meraih tujuh kursi berada di peringkat keenam, berada di bawah Demokrat yang berada di posisi kelima dengan sembilan kursi,” ungkapnya.

Meskipun tidak mendapatkan jatah kursi pimpinan DPRD Banten, Fauzi mengapresiasi pengurus PKB di Banten yang terdiri dari delapan kabupaten kota yang semuanya hadir dalam acara Worshop Penguatan Peran Caleg dan Perluasan Jaringan Struktur Partai. “Kami akan lakukan perluasan jaringan struktur, ranting akan dibuat lebih gemuk, kalau kemarin penyebarannya belum merata kita harapkan dengan keterlibatan seluruh anggota akan lebih luas sebarannya hingga ke semua desa,” jelasnya.

Meskipun Pilkada 2020 di depan mata, namun PKB punya prioritas jangka panjang yakni Pemilu 2024. “Kita targetkan tahun 2020 seluruh ranting harus terbentuk di seluruh desa/kelurahan di Banten,” tambahnya.

Terkait Pilkada 2020, Fauzi mengaku PKB cukup realistis dan akan membangun koalisi dengan partai lain. “Pilkada serentak 2020 kita akan terus melakukan kajian-kajian di tingkat kabupaten kota, kalau ada kader yang akan maju itu akan didukung, bila tidak ada akan mengusung pasangan calon sesuai kesepatakan koalisi,” ungkapnya.

Anggota DPR RI Fraksi PKB Rano Alfath yang juga hadir dalam kegiatan workshop PKB mendukung penuh gebrakan yang dilakukan DPW PKB Banten. Menurutnya, PKB sudah harus mempersiapkan langkah ke depan untuk menjadi pemenang Pemilu 2024.  (Deni S)