PKL Balik Lagi Berjualan di Stadion Ciceri

PKL kembali berjualan di Kawasan Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Jumat (19/4).

SERANG – Pedagang kaki lima (PKL) kembali berjualan di Kawasan Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Jumat (19/4). Padahal sebelumnya, kawasan untuk olahraga itu bersih dari PKL selama beberapa pekan.

Para PKL yang berdagang pakaian hingga makanan itu mulai menggelar lapak pada sore hari sekira pukul 15.00 WIB. Mereka tersebar di sekeliling stadion. Namun, paling banyak berada di sebelah pojok timur stadion.

Sebelumnya, mereka ini sudah ditertibkan dan dipindahkan ke eks Terminal Kepandean. Pemkot Serang juga sudah me-launching kawasan tersebut sebagai Pasar Kreatif oleh Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin yang dihadiri perwakilan tokoh masyarakat dan pedagang pada Sabtu (9/3) malam.

Namun, para pedagang kembali ke kawasan stadion dengan dalih eks Terminal Kepandean itu sepi dari pengunjung. Mereka juga mengeluhkan banyaknya preman di sana.

“Kepandean itu sepi. Di sini mau dibolehin atau tidak saya tidak tahu, Namanya juga orang butuh makan,” kata Rani salah satu pedagang di lokasi.

Rani yang berjualan makanan membuka lapaknya dengan meja. Ia tidak mendirikan tenda karena khawatir ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang.

“Pakai meja saja dulu. Kalau sudah aman baru pakai kios lagi. Ini saja baru seminggu berjualan dan keinginan sendiri,” paparnya.

Pedagang lainnya juga berdalih sama. Meski khawatir, mereka tetap nekad untuk berjualan di stadion karena sepinya pengunjung di eks Terminal Kepandean. Ia mengaku, setelah berjualan akan kembali membersihkan sampah bekas dagangannya. “Cuma hari libur saja,” katanya tanpa menyebutkan identitasnya.

Dihubungi terpisah, Kasi Ops Satpol PP Kota Serang Saeful Anwar sudah melakukan pengawasan terhadap PKL agar tidak kembali berdagang di stadion. Namun karena ada Pemilu 2019, membuat pihaknya sementara waktu fokus dalam membantu pengamanan polisi dan TNI. “Sudah satu minggu ini kita sibuk di pengamanan pemilu,” katanya.

Dia mengatakan, akan kembali melakukan pengawasan pasca pemilu agar pedagang tidak lagi berjualan di stadion. Sebab, Pemkot Serang sudah menyediakan tempat berjualan di tempat lain. “Kalau sudah beres (pemilu-red) kami akan tertibkan kembali,” katanya. (ken/alt/ira)