PKL Bisa Diberdayakan Untuk Sikapi Pengangguran

0
833 views

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menilai pedagang kaki lima (PKL) bisa diberdayakan untuk menyikapi persoalan pengangguran di Provinsi Banten.

Andika mengatakan, PKL terbukti menyerap tenaga kerja yang tidak dapat dipekerjakan pada sektor formal seperti di industri.

PKL merupakan bagian dari pelaku usaha informal yang tidak dapat dilepaskan dari roda perekonomian daerah. Keberadaannya yang terus berkembang menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk dapat menata, membina dan menjawab tantangan pengelolaan Pedagang Kakilima.

“PKL memiliki peran yang penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Dengan intensitas tenaga kerja yang relatif lebih tinggi dan investasi yang lebih kecil, usaha mikro lebih fleksibel dalam menghadapi dan beradaptasi dengan perubahan pasar,” ujar Andika, Rabu (17/1).

Andika meminta pemerintah kabupaten/ kota untuk merubah mindset atau cara pandang terhadap PKL. Alih-alih memeragi PKL dengan melakukan penertiban yang tanpa solusi, pemda justru seharusnya membantu pemasaran dan pengelolaan serta penataan PKL. Menurutnya, pemda dapat menjadikan lokasi penataan PKL sebagai daerah wisata, seperti wisata kuliner khas daerah masing-masing.

“Pemda kemudian bisa membantu mempromosikan itu. Kalau itu sukses, akan berdampak kepada peningkatan pendapatan masyarakat, kas daerah, ketertiban, keindahan, dan juga mendorong PKL lainnya untuk mudah dibina,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)