PKL di Pasar Lama Ditertibkan

PKL Serang
Petugas Satpol PP Kota Serang mengangkat gerobak milik PKL yang berjualan di trotoar Jalan Ahmad Yani, Kota Serang, Senin (1/2/2016). (Foto: Yan Cikal)(Ilustrasi)

SERANG – Pemkot Serang saat ini sedang menata pedagang kaki lima (PKL). Kegiatan dimulai dengan penertiban pedagang yang selama ini berjualan di sepanjang Jalan Maulana Hasanuddin, Pasar Lama.

Ketua Tim Revalitasasi dan Penertiban Kawasan Perkotaan Moch Poppy Nopriadi mengatakan, penertiban para pedagang yang telah dilakukan Selasa (4/12) merupakan penegasan bahwa kawasan tersebut akan ditata dan dibersihkan. “Penataan itu salah satunya adalah untuk mengembalikan fungsi jalan yang ada untuk kelancaran lalu lintas,” ujar Poppy, Rabu (5/12)

Poppy mengungkapkan, para pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan dipindahkan sementara di area belakang pasar supaya tidak menganggu arus lalu lintas. Pedagang berjualan di pinggir jalan mengakibatkan fungsi ruas jalan menyempit. Satpol PP dan Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi dan IKM (Disperdaginkop IKM) akan relokasi para pedagang, khususnya pedagang kelapa muda.

“Kami juga meminta kepada pedagang dan masyarakat agar tidak lagi berjualan di pinggir jalan. Tadinya kan hampir setengah jalan digunakan oleh para pedagang,” tuturnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Asda II Pemkot Serang ini mengatakan, penataan Pasar Lama ini sesuai arahan Gubernur Banten Wahidin Halim yang meminta agar Kota Serang harus lebih tertata dan lebih baik. Bahkan, Gubernur berkomitmen untuk membantu melakukan penataan ibukota Provinsi Banten ini, baik dari sisi sarana dan prasarana atau fasilitasnya. “Pak Gubernur juga kan sudah meminta agar Kota Serang jangan malu-maluin atau bisa lebih pantas menjadi ibukota,” tandasnya.

Kata dia, Disperdaginkop dan IKM Kota Serang telah menganggarkan di tahun depan untuk dilakukan penataan agar kondisi pasar yang saat ini berada di pusat kota lebih layak. “Sekarang ini kondisinya juga becek. Jadi Disperdaginkop juga sudah menganggarkan tahun depan untuk mengubah Pasar Lama atau eks Serang Plaza tersebut,” ujar Poppy.

Kepala Seksi Ops Satpol PP Kota Serang Saeful Anwar mengatakan, sesuai standar operasional, pihaknya sudah mengeluarkan surat teguran seminggu yang lalu sebelum melakukan penertiban. Sebagai tindak lanjut surat teguran itu pihaknya menerjunkan petugas ke lokasi. Penertiban PKL dilaksanakan dengan pendekatan persuasif terlebih dahulu dan para PKL di Pasar Lama pun menyadarinya dan bersiap memindahkan lapaknya ke belakang sesuai yang diinstruksikan. “Penindakan selanjutnya akan gabungan antara Satpol PP Kota Serang, Satpol PP Provinsi Banten, dan TNI/Polri untuk mem-back up,” ujarnya. (Rostinah/RBG)