JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengajukan tiga nama cawapres Prabowo Subianto yang berasal dari internal partai yang dikomandani Anis Matta ke Gerindra.

Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Fadli Zon mengungkapkan, proposal tersebut muncul dalam pertemuan capres sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Majelis Syura PKS Hilmi Aminudin beberapa waktu lalu di Lembang, Jawa Barat.

“Di antara isi proposal itu, tiga peserta pemilu raya (pemira) PKS diajukan sebagai pendamping Pak Prabowo,” kata Fadli seusai acara diskusi sekaligus pemaparan survei SMRC di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Minggu (4/5/2014).

Tiga peserta pemira yang diajukan adalah Presiden PKS Anis Matta, anggota Majelis Syura Hidayat Nur Wahid (HNW), dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

Fadli menambahkan, penjajakan koalisi dengan PKS sudah semakin positif. “Dengan PKS, sudah tinggal hal-hal teknis. Pengajuan PKS terhadap Gerindra 90 persen lebih kami setujui, begitu juga apa yang kami ajukan kepada PKS,” bebernya.

Meski demikian, Fadli menyatakan bahwa pengajuan tiga nama itu masih dipelajari dan dipertimbangkan. Hingga saat ini, partainya belum memberikan kepastian lantaran ada beberapa nama yang dikaji. Salah satunya adalah Hatta Rajasa. Nama ketua umum DPP PAN tersebut sudah diajukan untuk menjadi cawapres bagi Prabowo.

“Ini semua akan kami diskusikan dengan baik,” ujar Fadli.

Selain dengan PKS dan PAN, komunikasi politik Gerindra dengan sejumlah partai lain juga menuju ke arah positif terbentuknya koalisi. Di antaranya dengan Partai Hanura dan PPP. “Persis hingga dua minggu ke depan akan semakin kencang usaha partai-partai membentuk koalisi,” tutur dia. (JPNN)