PKS Cilegon Klaim Raih 24.784 Suara

0
774 views
Ketua DPD PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar

CILEGON – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Cilegon mengklaim meraih 24.784 suara pada pemilu 17 April lalu. Perolehan suara sebesar itu menjadikan PKS sebagai peraih suara terbanyak ke tiga di bawah Partai Golkar dengan 48.804 suara dan Partai Gerindra 30.162 suara.

Ketua DPD PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar menjelaskan, data perolehan suara diperoleh dari tim tabulasi internal PKS Kota Cilegon berdasarkan formulir C1 atau catatan hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Ghoffar, PKS menyebar saksi di seluruh TPS di Kota Cilegon. Kemudian saksi-saksi mengirimkan hasil penghitungan suara di setiap TPS kepada tim di pusat tabulasi.

Proses pengumpulan data berlangsung selama empat hari, sejak Kamis (18/4) hingga Minggu (21/4). Usai saksi menyerahkan data dari formulir C1, data tersebut dikompilasi seluruhnya. “Kita berharap tidak ada margin error karena dasarnya C1,” ujar Ghoffar kepada wartawan, Senin (24/4).

Meraih 24.784 suara, PKS Cilegon berhasil melampaui perolehan suara pemilu 2014 sebanyak 13 ribu suara. “2014 di posisi keenam, sekarang ketiga, berarti lonjakannya luar biasa,” ujar Ghoffar.

Perolehan suara pemilu kali ini membuat PKS berkesempatan menambah satu kursi, dari empat kursi menjadi lima kursi. Di setiap dapil terdapat satu caleg PKS yang berhasil duduk di legislatif. “Di dapil II (Citangkil-Ciwandan) diharapkan ada tambahan kursi,” ujarnya.

Suara meningkat serta kursi anggota legislatif bertambah, lanjut Ghoffar, sebagai bukti kepercayaan masyarakat terhadap PKS dan menunjukkan kuatnya militansi kader serta simpatisan PKS. (Bayu Mulyana)