PLCOB Tinju: Pertahankan Medali di Popda 2020

CILEGON – Tiga medali emas dan tiga medali perak menjadi target Pusat Latihan Cabang Olahraga Binaan (PLCOB) Kota Cilegon cabang olahraga (cabor) tinju pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten 2020. Target itu sesuai prestasi yang diraih saat Popda Banten 2018 lalu di Kabupaten Tangerang.

Pelatih tinju PLCOB Kota Cilegon, Ikhwan Guruh Musyadad mengatakan, pada Popda Banten 2018 petinju PLCOB Cilegon mempersembahkan tiga medali emas dan tiga medali perak. Mengirim enam atlet, seluruhnya sukses meraih medali.

“Minimal target kami di Popda Banten 2020 ini bisa menyamai prestasi pada Popda Banten 2018 lalu. Karena kita akui, regenerasi petinju di Cilegon saat ini agak sulit. Beberapa atlet terbaik PLCOB sudah lulus SMA tahun lalu, sehingga tahun ini tidak bisa turun lagi,” kata Ikhwan, Rabu (22/1).

Dijelaskan Ikhwan, persiapan menyambut Popda Banten 2020 yang akan berlangsung di Kota Serang Juli mendatang sudah masuk tahap pembukaan pendaftaraan. Atlet yang mendaftar akan diseleksi pada Selasa (28/1) di Kota Cilegon.

“Saat ini sedang mempersiapkan atlet untuk masuk PLCOB. Pendaftarannya sudah dibuka. Tetapi yang mendaftar masih sangat sedikit. Namun sudah saya usulkan agar petinju Cilegon peraih medali pada Poprov V Banten lalu ikut seleksi juga,” jelas Ikhwan.

Bila kuota atlet tinju yang dibutuhkan sudah sesuai kuota penjaringan PLCOB Kota Cilegon, Ikhwan mengaku akan segera memulai latihan rutin. Diyakini latihan rutin sudah mulai berjalan pada awal Februari.

“Kalau seleksi sudah selesai, awal Februari latihan rutin sudah berjalan. Petinju yang telah mendaftar ini juga bagian dari Pengcab Pertina Cilegon. Jadi mereka juga sebenarnya sudah siap. Karena mereka sudah mulai berlatih di Pengcab awal Januari,” ungkap Ikhwan.

Ikhwan berharap persiapan menyambut Popda Banten 2020 berjalan lancar tanpa kendala dan menghasilkan prestasi yang diharapkan. “Mudah-mudahan di Popda Banten bisa mempersembahkan yang terbaik. Kami akan berupaya membina atlet sebaik mungkin,” kata Ikhwan. (rbs/nda/ags)