Motor listrik Viar Q1.

TANGERANG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) serius dalam mendukung kehadiran kendaraan listrik di Indonesia.  Keseriusan tersebut terlihat dengan pembangungan Satuan Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang dilakukan PLN di sejumlah wilayah, salah satunya Tangerang, Banten.

Termasuk melakukan kunjungan kerja ke PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia) yang saat ini perusahaan tersebut sudah memproduksi motor listrik bernama Viar Q1. Dalam pertemuan itu sejumlah poin dibahas secara bersama terkait potensi pasar motor listrik di tanah air dan strategi sosialisasi pemakaian kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik.

Manager Bidang Niaga dan Pelayanan PLN Disjaya, Leo Basuki mengatakan, PLN bersama Viar Indonesia ingin mengoptimalkan peran SPLU sebagai pendukung kehadiran motor listrik di Indonesia.

”Diharapkan dengan sinergi ini, dan fasilitas SPLU para pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir mengenai permasalahan kehabisan daya di jalan. Teknis pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut,” kata Leo, Senin (25/9).

Ditambahkan, PLN sangat mendukung kehadiran kendaraan listrik baik motor maupun mobil. ”Kami sudah menyiapkan sekitar 578 SPLU di beberapa titik di Jakarta, dan 875 unit tersebar di Indonesia,” tambahnya.

Corporate Manager PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia) Deden Gunawan mengungkapkan, sangat mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Perusahaan Listrik Negara (Persero). ”Kami berharap dengan kehadiran PLN dapat meningkatkan kerja sama kedua perusahaan untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia di masa depan,” ungkapnya.

Belum lama ini PLN Distribusi Banten juga sukses melakukan sosialisasi SPLU kepada warga Kota Tangerang saat pelaksanaan Car Free Day (CFD). Ada sekitar 90 unit atau titik SPLU yang tersebar di berbagai wilayah di Provinsi Banten. Di antaranya di Terminal Pasar Baru sebanyak 2 titik, Serpong 16 titik, dan 66 titik lainnya tersebar di wilayah Cikupa.

”Angka ini tentunya akan bertambah, seiring dengan tingginya kesadaran warga dan kemudahan akses listrik dari penggunaan SPLU,” ujar R. Rawan Insani, GM PLN Distribusi Banten. (ADE M/RBG)