PLN Tanam 22 Ribu Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia 2018

KUPANG – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN menanam 22.000 pohon di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu (28/11). Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.

HMPI merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon dan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dalam sambutannya mengatakan, penanaman pohon oleh PLN merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli. Bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan ini bertujuan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Menanam pohon juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan karena kegiatan ini melibatkan masyarakat dan stakeholder PLN. “Hari ini PLN kembali melakukan aksi tanam pohon sebagai upaya kami dalam menjalankan bisnis ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan, ini merupakan misi kami,” katanya pada kegiatan penanaman pohon di Kupang, NTT, Rabu (28/11).

Pada Program penghijauan di tahun 2018 untuk di Banten, PLN menanam 1.260 pohon dengan 3 jenis tanaman yang diprioritaskan, yakni tanaman produktif yang dapat melestarikan alam, melestarikan tanaman khas lokal dan dapat mengurangi pencemaran. Lokasi penanaman pohon ini fokus pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.

Lokasi penanaman di Banten dilakukan di lima tempat, yaitu di Alun-alun Neglasari, Kota Tangerang 100 pohon penghijauan; Ponpes Modern An-Nuqthah, Pinang, Kota Tangerang 260 pohon penghijauan dan produktif; Pesisir Pantai Desa Lontar, Lingkungan PLN UID Banten, UP3 Banten Utara, ULP Cikande dan ULP Pandeglang 100 Pohon Penghijaua; lahan kosong Kampung Domba 200 Pohon Penghijauan dan 100 pohon produktif.

Kegiatan ini dihadiri Senior Manager SDMU PLN Unit Induk Distribusi Banten Lala Arief Fadilla, Pimpinan Pondok Pesantren dan masyaratkat setempat. Dengan adanya keterlibatan pemerintah dan masyarakat setempat, diharapkan peran dan fungsi program penghijauan 2018 dapat terus dijalankan sesuai harapan.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon sebesar Rp 3,19 miiliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon, dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Aksi tanam pohon yang PLN lakukan dalam rangka HMPI 2018 ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018. Melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia, PLN menanam total 34.000 pohon. Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli pada Tahap I ini sebesar Rp 4,64 miliar. (*)