PMI Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

0
1721
Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah

SERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten mengajak para penyintas Covid-19 atau yang telah berhasil sembuh dari Covid-19 untuk berdonor Plasma Konvalesen. Apalagi, pemerintah telah melakukan Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvasalen, Senin (18/1) lalu.

Sekadar diketahui, transfusi plasma konvalesen merupakan metode yang dilakukan dengan mendonorkan antibodi SARS-Cov-2 yang terbentuk secara alami dalam tubuh para penyintas atau yang telah sembuh dari Covid-19.

Hasil penelitian maupun praktik penggunaan plasma konvalesen di Indonesia, seperti yang dilakukan oleh PMI dan Kementerian Kesehatan, serta beberapa rumah sakit menunjukkan efikasi yang tinggi, yaitu antara 60 persen hingga 90 persen.

“Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis. Makanya pendonor plasma sangat dibutuhkan saat ini,” kata Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah melalui keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

Tatu mengatakan, Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen merupakan salah satu upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pasien Covid-19. “Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dan rasa solidaritas yang tinggi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut,” ujarnya.

Menurut Tatu, dibutuhkan sinergi antara pemerintah, PMI, dan rumah sakit untuk sistem data yang terintegrasi para penyintas Covid-19 atau potensi calon donor. Saat ini di Banten, baru tiga Unit Donor Darah (UDD) yang bisa melakukan pelayanan donor plasma konvalesen, yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangsel.

“Sistem peralatan dan pengolahan plasma berbeda dengan darah biasa, maka kami juga membutuhkan dukungan pemerintah daerah serta penambahan peralatan apheresis untuk pengolahan darah di UDD yang menerima pelayanan donor plasma konvalesen,” ujarnya.

Tatu berharap, para penyintas Covid-19 mau berdonor plasma konvalesen. “Mari membantu saudara kita yang tengah berjuang sembuh dari Covid-19, untuk menjadi pahlawan kemanusiaan di tengah pandemi. Untuk penyintas Covid-19 yang hendak berdonor, bisa menghubungi hotline Humas PMI Banten di nomor 0878-2556-9464,” ucapnya.

Ketua Bidang Organisasi PMI Banten Amrin Nur menambahkan, terus menguatkan peran PMI di delapan kabupaten kota untuk melakukan berbagai program pencegahan dan penyembuhan bagi pasien covid-19. “Program pencegahan dilakukan dengan upaya preventif dengan membagikan paket PHBS, disinfeksi atau penyemprotan disinfektan, hingga sosialisasi dan sinergi bersama Satgas Covid-19 di semua tingkatan,” katanya. (jek/alt)