Ilustrasi.

SERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menjamin ketersediaan darah dari hari ini hingga masa libur Lebaran 1437 Hijriyah akan tetap aman.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Markas PMI Banten Embay Bahriah, Senin (27/6). Menurut Embay, stok darah aman karena PMI telah memiliki jejaring pendonor maupun relawan yang sudah terdata dengan baik.

“Stok darah di Banten tidak kekurangan. Selama ini jejaring PMI dengan para pendonor sudah terjalin dengan baik. Ketika ada yang membutuhkan darah AB, misalnya di unit sedang kosong, nanti kita mainkan jejaring itu. Kita punya data pendonor dengan jenis darah tertentu, itu sifatnya on call kalau stoknya lagi kosong. Lalu bisa juga dirujuk ke unit di Tangerang karena jumlah produksi darah di sana lebih banyak,” papar Embay.

Untuk mengantisipasi kekurangan stok darah, PMI Banten juga menggelar kegiatan donor di delapan kabupaten/kota, dengan sasaran utama yaitu pusat-pusat perbelanjaan dan masjid. “Sebulan penuh kita genjot kegiatan donor, utamanya di mal-mal, kita fokus untuk mal di Tangerang, daerah lainnya kita datangi masjid-masjid, DKM-nya, selepas salat tarawih,” ujarnya.

Embay mengatakan, ratusan relawan dan petugas PMI juga akan disiagakan di 30 titik pos terpadu yang tersebar di delapan kabupaten/kota. Fokus utamanya, kata dia, yaitu siaga pertolongan pertama. (Bayu)