PMI Kota Serang Bantu Korban Gempa Lombok

Kemanusiaan Melalui Kegiatan Menyenangkan

Warga memadati Jalan Veteran, Kota Serang, saat mengikuti Fun Run dan Green Walk yang diadakan oleh PMI Kota Serang dalam rangka menyemarakkan Hari Palang Merah Sedunia yang ke-190, Minggu (5/8).

SERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang memancing sisi kemanusiaan masyarakat melalui kegiatan Fun Run and Green Walk 5,5 K dan 3,4 K dalam rangka HUT ke-190 Palang Merah Sedunia, Minggu (5/8). Kegiatan yang diselenggarakan di Alun-alun Barat Kota Serang dan diikuti belasan ribu masyarakat itu juga menyiapkan pelayanan transfusi darah.

Ketua PMI Kota Serang Adde Rosi Khoerunnisa mengatakan, kegiatan diisi dengan berbagai hal menyenangkan seperti senam bersama, fun run, dan jalan sehat. “Saya optimistis, yang datang tidak hanya mengejar doorprize, tapi juga mengikuti kegiatan kemanusiaan seperti mendonorkan darah,” ujar Adde Rosi di sela-sela acara, Minggu (5/8).

Ia mengatakan, dengan pengeluaran tiket yang mencapai 18 ribu lembar, pihaknya menyiapkan kantong darah untuk seribu pendonor darah. Kantong darah yang terkumpul tentu bermanfaat untuk stok darah, yang nantinya akan diberikan ke rumah sakit untuk pasien yang membutuhkan darah.

Ketua PMI Kota Serang Adde Rosi Khoerunnisa (kanan) saat meninjau stan PMI dalam acara Fun Run dan Green Walk di Alun-alun Barat, Kota Serang, Minggu (5/8). Warga antusias mendatangi stan itu untuk memeriksa darah dan juga ikut donor darah.

Kemarin, Adde Rosi juga menyempatkan diri mendonorkan darahnya bersama sejumlah tamu undangan. Kata dia, kesediaan para pendonor untuk mendonorkan darahnya adalah bentuk bantuan kepada PMI dan masyarakat yang membutuhkan. Secara langsung, setiap pendonor juga melakukan tugas kemanusiaan.

Selain donor darah, PMI juga melayani pemeriksaan golongan darah, gula darah, dan kolesterol bagi pengunjung dan peserta. Sementara itu, peserta fun run dengan waktu tercepat juga mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dari PMI. Sedangkan peserta jalan sehat yang beruntung melalui kupon doorprize mendapatkan berbagai hadiah menarik mulai dari dispenser, kulkas, hingga sepeda motor.

Tak hanya itu, kegiatan itu juga diramaikan dengan bazar dan pameran mobil Willys dari Willys Club Banten serta motor besar dari Harley Davidson Club Indonesia Kota Serang. Sejumlah tamu undangan juga hadir pada kesempatan itu, seperti Sekda Kota Serang Tb Urip Henus, Direktur Radar Banten Mashudi, dan perwakilan Bank bjb.

Adde Rosi mengatakan, pada kesempatan itu, PMI Kota Serang juga memberikan donasi kepada para korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, melalui perwakilan PMI pusat yang kemarin hadir. “Mudah-mudahan donasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di sana (Lombok-red),” tuturnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Banten itu menerangkan, kegiatan tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi kegiatan yang selama ini dilakukan PMI kepada masyarakat, seperti pembekalan yang diberikan kepada relawan. “Kami pengurus PMI bersama relawan mempunyai tugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas-tugas kepalangmerahan,” urai Adde Rosi.

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi Banten Wawan Mulyana mengatakan, kegiatan peringatan HUT ke-190 Palang Merah Sedunia di Kota Serang paling ramai dan didukung semua unsur, bukan hanya relawan. “Menurut kami ini excited,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan itu dapat diikuti oleh kabupaten kota lain di Banten. Termasuk donasi yang diberikan untuk korban gempa di Lombok. (Rostinah/RBG)