PODSI Kabupaten Tangerang Buka Penjaringan Atlet

TANGERANG – Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Tangerang membuka penjaringan atlet. Atlet baru yang siap bergabung diwajibkan berdomisili di Kabupaten Tangerang.

Ketua Pengcab PODSI Kabupaten Tangerang Teguh Wisnu mengatakan, perekrutan atlet secara terbuka diawali dengan mengumumkan pembukaan perekrutan atlet melalui instagram KONI Kabupaten Tangerang. Pengemumuman itu mencantumkan syarat-syarat menjadi atlet dayung Kabupaten Tangerang.

“Kami mengincar atlet usia muda dari usia 15 sampai 20 tahun untuk kami bina menjadi atlet dayung Kabupaten Tangerang. Kami pilih usia tersebut karena potensi untuk berprestasi lebih tinggi masih terbuka lebar,” kata Teguh, Rabu (19/2).

Nantinya, jika sudah ada calon atlet yang berminat, mereka akan dilatih oleh pelatih dan atlet dayung nasional.

Pelatihan itu akan menerapkan sport science atau latihan olahraga berbasis ilmu pengetahuan saat perekrutan sampai pembinaan kedepannya.

Itu dilakukan ungkap Teguh karena dayung merupakan olahraga terukur yang peningkatan kemampuan atletnya bisa dicapai dengan latihan yang terprogram.

“Semua bisa terlihat jelas dan ada poin-poin yang bisa jadi parameter dalam peningkatan kemampuan,” jelas Teguh.

Sekretaris Umum (Sekum) PODSI Kabupaten Tangerang, Fanny Fardian mengatakan, untuk semakin menarik minat calon atlet, organisasi dayung Kabupaten Tangerang memberikan timbal balik berupa menyediakan transport dan makanan selama calon atlet menjalani latihan.

“Latihan seminggu 2 kali meliputi latihan fisik dan teknik serta praktek dengan latihan di Sungai Cisadane atau Situ Kelapa Dua. Pokoknya calon atlet hanya tinggal datang dan berlatih, semua peralatan dan pelatih profesional kami siapkan,” beber Fanny.

Sejauh ini diungkap Fanny sudah ada beberapa orang yang menyatakan berminat bergabung dalam latiha tim dayung Kabupaten Tangerang. “Kami berharap perekrutan secara umum dan sosialisasi melalui sekolah-sekolah akan membuat jumlah atlet dayung Kabupaten Tangerang meningkat,” harap Fanny. (rbs/nda)