Polairud Antisipasi Tindak Kejahatan di Perairan Banten

CILEGON – Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Banten Kombes Pol Heri Sulistya Budi Santosa akan mengutamakan langkah antisipasi menyikapi daerah rawan kejahatan di perairan Banten.

Hal tersebut disampaikan Heri usai acara pisah sambut Dirpolairud Polda Banten di markas Direktorat Polairud Polda Banten, Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin (24/2).

Sebagai direktur baru, Heri menyadari letak geografis Provinsi Banten yang berada di ujung Pulau Jawa memberikan konsekuensi kerawanan, baik kejahatan maupun kecelakaan. “Ini ada laut Jawa, Samudera Hindia, Selat Sunda, kalau kita lihat geografis kita banyak sekali kerawanan, kerawanan ini lah yang harus kita antisipasi,” ujar Heri kepada wartawan.

Area perairan yang luas, lanjut dia, langkah antisipasi perlu melibatkan lintas sektor di Provinsi Banten, seperti pemerintah daerah, lembaga lain, dan masyarakat.

Heri mengaku beruntung komunikasi lintas sektor di wilayah hukum Ditpolairud Polda Banten selama ini sudah terjalin dengan baik. Ia sebagai pemimpin baru tinggal melanjutkan.

Mantan Dirpolairud Polda Banten Nunung Syaifuddin siap berdiskusi dengan Heri menyikapi pengawasan wilayah laut. “Saya juga kan pindah gak jauh. Beliau akan banyak sharing dengan saya,” ujar Nunung.

Nunung mengaku bersyukur telah menyelesaikan amanah sebagai pimpinan di Ditpolairud Polda Banten dengan baik. Ia berharap dengan pemimpin yang baru, kinerja Ditpolairud terus meningkat. “Apa yang sudah ada dijaga,” tuturnya. (Bayu M)