Polda Banten Amankan 70 TKA Asal Tiongkok

SERANG – Sebanyak 70 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal tiongkok diamankan oleh Subdit I Industri dan Perdagangan (Indag) Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Banten. Puluhan TKA tersebut sementara ini diamankan karena disuga tidak mempunyai dokumen resmi atau ilegal.

Direktur Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Pol Nurullah mengatakan, TKA tersebut diamankan dari sebuah perusahaan industri di kawasan Pulo Ampel, Kabupaten Serang. “Iya, dugaan sementara mereka tidak memiliki dokumen,” ujar Nurullah saat ditemui di Mapolda Banten, Senin (1/8).

“Tapi akan kita mintai keterangan dulu. Belum tentu mereka tidak memiliki dokumen. Makanya nanti kita akan mintai keterangan dulu. Mereka dari PT L di kawasan Pulo Ampel,” ungkap Nurullah.

Pantauan di Mapolda Banten, para TKA tersebut digiring petugas ke Gedung B Lantai 3 Direktorat Kriminal Khusus, Mapolda Banten. Untuk menggiring TKA tersebut, petugas dibantu oleh salah satu pekerja yang bisa berbahasa Indonesia.

Petugas mengalami kesulitan dalam menggiring para pekerja dari Tiongkok yang masih mengenakan seragam bertulis PT Indonesia River Engineering tersebut karena mayoritas pekerja tidak mengerti Bahasa Inggris.

PT Indonesia River Enginering diketahui merupakan sebuah perusahaan yang mengerjakan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulo Ampel, Kabupaten Serang. (Bayu)