Polda Banten Bakal Naik Menjadi Tipe A

Ilustrasi: tribratanews.banten.polri.go.id

SERANG – Kepolisian Daerah (Polda) Banten bakal dipimpin oleh jenderal bintang dua atau berpangkat inspektur jenderal (Irjen). Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi itu terkait rencana peningkatan status Polda Banten menjadi tipe A.

Rencana itu disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Mabes Polri, Selasa (3/7). Dikutip dari Kumparan.com, selain Polda Banten, Polri juga berencana menaikkan status Polda DI Jogjakarta dan Polda Bengkulu menjadi tipe A.

Perubahan status ketiga polda itu bertujuan untuk menyalurkan perwira berpangkat komisaris besar (kombes) yang mengalami penumpukan. “Langkah yang kami lakukan untuk mengakomodir meledaknya jumlah kombes ini, yaitu mengerem kenaikan pangkat dengan memperpanjang masa dinas kompol ke AKBP, AKBP ke kombes,” kata Tito.

Sementara itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, rencana kenaikan status itu membutuhkan beberapa perubahan dan penyesuaian yang harus melalui pengkajian. “Antara lain, wilayah polda, struktur organisasi, jumlah personel, sarana, dan prasarana,” kata Listyo kepada Radar Banten melalui pesan WhatsApp, kemarin (3/7).

Selain perubahan dan penyesuaian organisasi, kenaikan status itu terkait dengan bobot ancaman dan tantangan yang akan dihadapi. “Dikaitkan dengan bobot ancaman dan tantangan yang akan dihadapi sesuai dengan polda tipe A,” ujar Listyo.

Kabid Humas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Whisnu Caraka mengatakan, rencana kenaikan status dari tipe B menjadi tipe A harus mendapat persetujuan dari pemerintah. “Belum tahu kapan (perubahan status tipe A). Tapi, tetap harus disetujui pemerintah,” kata Whisnu. (Merwanda/RBG)