Polda Banten Merazia ODGJ

Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo

SERANG – Menindaklanjuti menyebarnya isu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang meneror tokoh agama, Kepolisian Daerah (Polda) Banten merazia ODGJ yang berkeliaran di jalan atau di permukiman masyarakat.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, pihaknya telah menginstruksikan jajaran Polres dan Polsek di wilayah hukum Polda Banten untuk melakukan pengawasan serta pengamanan secara langsung.

“Beberapa Polres sudah ada yang melaporkan, saat ini mereka (diduga ODGJ) sudah mengamankan. Selama ini mengamankan di Polres dan di Polsek, untuk selanjutnya dikirim ke Dinsos,” ujar Listyo setelah menghadiri kunjungan kerja Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla di eks pendopo Gubernur Banten, Rabu (14/2).

Menurut Listyo, kegiatan tersebut akan terus dilakukan hingga situasi kondusif dan isu teror ODGJ terhadap tokoh agama redam di Banten.

“Kami berharap tidak ada korban lagi,” kata Listyo menyinggung kejadian di Kabupaten Pandeglang.

Terkait persoalan isu tersebut, lanjut Listyo, Polda Banten pun mengimbau kepada Polres dan Polsek jajaran untuk mengajak tokoh-tokoh agama untuk bergerak mengadakan pertemuan membahas isu tersebut.

“Dari hasil pertemuan yang sudah, sepakat kita jangan terbawa isu tersebut. Untuk masalah itu tolong serahkan ke kita, namun tetap waspada, laporkan ke kita. Jangan sampai terpancing isu,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)