SERANG – Polda Banten memusnahkan barang bukti sitaan narkoba golongan I jenis ganja sebanyak 155 kilogram ganja kering. Pemusnahan ini langsung dipimpin Wakapolda Banten Kombes Polisi Firli dan dihadiri Badan Narkotika Nasional (BNN) dan tokoh masyarakat Banten, di Lapangan Mapolda Banten, Kota Serang, Kamis (22/1/2015).

Pemusnahan ganja ini menyusul maraknya peredaran ganja di Banten yang masuk melalui pengiriman jalur ‘pelabuhan tikus’ dan udara ke wilayah Banten. “Ini merupakan sitaan belum lama sekitar Januari ini,” jelas Wakapolda.

Menurutnya, peredaran narkoba di Banten masuk dari pelabuhan-pelabuhan tidak resmi. “Bukan melalui pelabuhan-pelabuhan resmi. Tapi menggunakan pelabuhan kecil karena kita paham betul daerah Banten ini lebih kurang 520 kilometer terdiri dari garis pantai yang luas,” terang dia.

Dalam pemusnahan ini, Polda Banten juga menghadirkan tersangka pengedar ganja di Banten. Kehadiran tersangka dalam pemusnahan 155 kilogram ganja ini, menurut Firli, merupakan salah satu syarat pemusnahan barang bukti sitaan kasus narkoba. “Tersangkanya harus hadir karena sudah SOP,” ujarnya.(Wahyudin)