Personel Satlantas Polres Pandeglang apel pengamanan jalur wisata. Foto: @SatLantasPdg

MERAK – Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, selama 15 hari mulai dari H-7 hingga H+7 pihaknya telah menerjunkan pasukan untuk mengamankan beberapa titik ruas jalur mudik dan wisata untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para pemudik dan orang-orang yang berlibur di tempat-tempat wisata di Banten.

“Pertama pelabuhan Merak dan sepanjang jalan wisata mulai dari Anyer, Kabupaten Serang sampai Labuan, Kabupaten Pandeglang,” katanya saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, pekan lalu.

Kata dia, pihaknya telah menerjunkan dua per tiga kekuatan Polda Banten untuk melakukan pengamanan tersebut. Harapannya agar situasi tetap kondusif selama arus mudik dan balik Lebaran 2016 berlangsung. “Kita kurang lebih 1.500 personel sudah siap mengamankan sepanjang jalur mudik dan wisata. Seperti pelabuhan kita siagakan sebanyak 430 personel dan setelah arus mudik pasukan ini akan bertugas di jalur wisata sebagiannya,” ujarnya.

Sepanjang jalur mudik lanjutnya, sedikitnya ada 51 titik daerah yang ditengarai sebagai pusat kemacetan. Mulai dari wilayah perkotaan sampai tempat-tempat menuju pelabuhan Merak. “Kalau daerah rawan kemacetan hampir 51 titik sepanjang jalur wisata seperti di Cikupa, Tambak, Balaraja dan lainnya. Nanti pertama rumah-rumah yang ditinggalkan pemudik dan sepanjang jalur siap diamankan,” ujarnya. (Adib)