Polda Banten Terbuka untuk Dikritik sebagai Bahan Evaluasi

Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso, Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi (baju putih), dan para pimpinan media massa dan awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Polda Banten.

SERANG – Kapolda Banten Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Agung Sabar Santoso mengaku tidak mempersoalkan pemberitaan negatif terhadap Polri. Hal itu dapat dijadikan evaluasi untuk perbaikan.

“Mau pemberitaan negatif tidak masalah, tidak perlu disikapi dengan reaktif. Saya harap PJU (pejabat utama-red), terima kritikan,” ujar Agung saat menyampaikan sambutan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional ke-74 di salah satu resto di Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Selasa (18/2).

Pada kesempatan itu, Agung mengapresiasi kinerja wartawan. Wartawan salah satu mitra Polri yang paling penting dalam melaksanakan tugas. Oleh karena itu, polisi harus memiliki hubungan baik dengan wartawan.

“Saya selalu terbuka, pejabat utama (Polda-red), Pak Wakapolda (Brigadir Jenderal Polisi Tomex Korniawan-red) dan para kapolres saya harapkan untuk terus dekat dengan teman-teman wartawan,” kata Agung

Dalam waktu dekat Polda Banten dan jajaran akan mendapat tugas baru yakni pengamanan Pilkada 2020. Awak media diharapkan bersinergi dalam hal menyampaikan informasi-informasi penting bagi Polri dan masyarakat. “Ke depan kita akan menghadapi pilkada, teman-teman wartawan banyak mendapat informasi, sampaikan informasi supaya hasilnya bisa diterima oleh semua pihak,” kata mantan kepala Divisi Hukum Polri tersebut.

Kepada seluruh awak media, Agung mengharapkan Polri menjadi bagian dari keluarga. Begitu juga dengan para wartawan terhadap Polri. “Anggap saja polisi adalah keluarga wartawan dan wartawan adalah keluarga polisi. Semoga yang kita laksanakan ini bermanfaat dan menjadi momentum bagi kepolisian dan wartawan,” kata mantan Asrena Kapolri tersebut. 

Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi mengapresiasi Polda Banten yang telah menginisiasi peringatan Hari Pers Nasional dengan mengajak para wartawan dan pimpinan perusahaan media makan bersama. Kegiatan tersebut kata dia merupakan yang pertama kali diadakan. “Selama ini tidak ada kegiatan seperti ini, mengumpulkan pimpinan media, pimpinan redaksi dan wartawan. Di Banten ini baru pertama,” kata Mashudi.

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah. “Saya harapkan kegiatan ini menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah di Banten,” tutur Mashudi.

Hadir dalam acara tersebut, Wakapolda Banten Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Tomex Kurniawan, para pimpinan media cetak dan elektronik, para pemimpin redaksi serta awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Polda Banten.  Dalam peringatan Hari Pers Nasional tersebut, Kapolda mengajak sejumlah perwakilan awak media untuk tiup lilin kue ulang tahun. Kegiatan yang penuh akrab dan santai tersebut ditutup dengan sesi foto bersama. (Fahmi Sa’i)