Polda Banten Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

SERANG – Mabes Polri menginstruksikan Polda Banten turut membantu pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih Minggu (20/10). Suasana kondusif wilayah menjadi atensi Mabes Polri agar tidak terjadi gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Tidak semata Polda Metro yang melakukan pengamanan, Polda Banten juga melakukan pengamanan,” ujar Kabarhakam Polri, Komjen Condro Kirono saat ditemui dalam acara soft launching RS Bhayangkara Polda Banten, di Cipocokjaya, Kota Serang, Selasa (15/10).

Dia mengatakan selain Polda Banten, Polda lain yang dekat dengan ibu Kota Seperti Polda Jabar dan Jateng diminta untuk meningkatkaan pengamanan dan kewaspadaan. “Polda Jabar, Jateng dan seluruh Polda (diminta tingkatkan pengamanan-red),” kata Condro.     

Dia menjelaskan sebanyak 30 ribu personel gabungan TNI Polri dikerahkan untuk pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Pengarahan puluhan ribu personel tersebut untuk menjamin keamanan pelantikan. “Kita megerahkan kekuatan sekitar 30 ribu, itu di ring satu gedung itu sendiri ada dua ribuan, kemudian di ring dua sekitar DPR itu ada lima ribuan, kemudian ring tiga dan rute perjalanan pimpinan negara yang akan hadir juga kita berikan pengamanan dari unsur TNI, kita juga memback up,” ucap Condro.

Kemarin Selasa (15/10) Panglima TNI, Kapolri, pimpinan DPR/MPR melakukan rapat bersama pematangan pengamanan pelantikan Presiden-Wapres. Kendali pengamanan selama proses pelantikan berada langsung dibawah komando TNI. “Memang leading sektor nya adalah TNI, kemudian Polri memback up secara penuh,” tutur Condro. (mg05/nda/ags)