Polda Lampung Bantu Pengamanan Pilgub Banten

0
490 views
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto: Dok. RadarBanten Online

SERANG – Polda Banten membantu pengamanan pemungutan suara Pilgub Banten, 15 Ferbuari 2017. Hal ini diperlukan karena personel Polda Banten masih terbatas.

Polda Banten sendiri menerjunkan 3.624 personel yang disebar ke 10.244 tempat pemungutan suara (TPS), yang dibantu 20.448 personel Linmas dan Satpam di Banten.

“Selain itu  dalam mengatisipasi segala hal,  Polda Banten juga menyiagakan kekuatan sebanyak 350 personel Satbrimob dan 90 personel Ditsabhara yang diperkuat dengan satu SSK Satbrimob Polda Lampung dan dan di-back up oleh personel TNI yang bersiaga di masing-masing, ” ujar Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Praja Kalimaya Tahun 2017, Senin (13/2).

Dengan memperhatikan luas wilayah, karakteristik kerawanan daerah,  jumlah TPS,  dan kekuatan personel yang dimiliki Polda,  menurut Sigit, pihaknya perlu melakukan upaya penguatan kamtibmas dengan memperkokoh kerja sama dengan penyelenggara pemilu,  TNI,  masyarakat,  dan mitra keamanan lainnya.

Sigit menilai, tahapan pemungutan dan penghitungan suata merupakan fase yang sangat penting dan krusial dalam proses pilkada. Dalam tahapan ini berbagai permaaalahan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan pilkada dan menimbulkan kerawanan kamtibmas.

“Berbagai kerawanan yang diprediksi dapat terjadi, di antaranya komplain warga yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya,  money politic,  ketidaknetaralan penyelenggara pemilu,  intimidasi,  dan adanya penolakan hasil penghitungan suara serta potensi terjadinya benturan fisik antar -pendukung calon,” katanya. (Bayu)